Citybuzz

Anak-anak rentan mengalami bullying. Apa saja hal yang harus dicermati untuk mengatasinya?
Posted on Mar 30, 2016   |   Branding
Say No To Bullying!

Sebagai upaya pencegahan dan penanganan kasus bullying, Parent Support Group (PSG) dari Kinderfield Primary School Duren Sawit, untuk pertama kalinya, mengadakan Seminar Say No to Bullying yang diisi oleh pembicara utama Irma Gustiana Andriani, M.Psi, selaku psikolog anak dan keluarga, dan Alfitto Deannova Gintings sebagai moderator. Seminar yang diadakan di Kinderfield – Highfield School Duren Sawit tersebut, dihadiri oleh para orangtua siswa, mulai dari level Preschool hingga Secondary, yang antusias dan peduli terhadap tumbuh kembang, perilaku dan keselamatan anak terutama di lingkungan sekolah.

Seminar diawali dengan sesi presentasi yang dibawakan oleh Psikolog Irma mengenai kasus bullying yang semakin meningkat dan mengkhawatirkan. Faktanya, 84% murid di Indonesia mengalami kekerasan di sekolah. Untuk mencegah dan mengatasi bullying, Irma memaparkan, para orangtua dan semua pihak yang terkait di sekolah hendaknya mendapatkan pengetahuan yang cukup dan bekerja sama dengan baik, demi kelancaran proses belajar dan pembangunan karakter anak. 



Langkah-langkah penting yang harus dicermati oleh para orangtua, guru dan individu-individu terkait lainnya di sekeliling anak antara lain: 

1. Mengidentifikasi konflik normal dan bullying

2. Mengenali tanda-tanda dan perbedaannya 

3. Mengetahui penyebab, pelaku, saksi dan korbannya 

4. Mengatasi dampak psikologisnya 

Saat sesi tanya jawab berlangsung, Psikolog Irma, yang juga berpraktek di Rumah Hati Klinik Psikologi dan Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, menekankan pula pentingnya perhatian serius orangtua dan sekolah dalam berkomunikasi, mengintervensi dan merespon cepat, serta tanggap dan bijak dalam menghadapi suatu kasus bullying. 

Mari kita bersama-sama membangun rasa percaya diri anak dan ajarkan mereka untuk tetap tenang tetapi juga tegas dalam menghadapi bullying. Kinderfield – Highfield School tidak menoleransi aksi bullying dalam bentuk apapun. (RR)