Health

Amandel sangat menganggu apalagi ini terjadi pada anak-anak.
Posted on Feb 02, 2021   |   Branding
Bila Anak Amandel

Amandel sangat menganggu apalagi ini terjadi pada anak-anak. Untuk diketahui amandel itu sendiri adalah peradangan tonsil yaitu kelenjar getah bening yang terletak pada kerongkongan. Penyebabnya adalah bakteri Beta Streptokokus non hemolitikus dan streptokokus viridians. Gejalanya sendiri si anak akan nyeri saat menelan, nyeri tenggorokan, bau mulut, demam, panas, susah bernafas, sakit pada telinga,jadi sering mengantuk, mendengkur bila tidur dan rasa menganjal pada tenggorokan.

Bila anak anda terkena penyakit ini, maka yang harus dilakukan orangtua adalah memberikan obat penurun panas, memberikan kompres hangat dan membersihkan mulut dan gigi dengan berkumur air garam serta menyikatnya dengan pasta gigi. Namun pada kasus tertentu dokter akan melakukan operasi apabila amandel sering kambuh dan mengganggu dikarenakan kuman menyebar keseluruh tubuh sehingga terjadi infeksi hidung, infeksi rongga, infeksi telinga, abses di leher, radang paru dan infeksi pada tulang. 

Setelah amandel menyusut atau hilang, orangtua juga harus tetap menjaga kesehatan anak dengan menyurh anak beristirahat 6 sampai 8 jam per hari, memberi asupan bergizi. Selain itu hindari makanan pedas dan panas. Karena makanan pedas dan panas bisa memperburuk peradangan pada amandel. Selanjutnya minum air putih karena dalam air putih terdapat kandungan  kandungen agar anak tidak dehidrasi. Selain panas, anak juga tidak boleh makan atau minum dingin, karena minum air dingin ataupun makan es krim bisa memancing lagi peradangan tenggorokan. (red)