Tips & Tricks

Di usia 8 bulan rata-rata bayi sudah mulai mampu mengkoordinasikan gerak motorik halus, seperti meraih, mengambil, dan memindahkan benda dari tangan satu ke lainnya. Bayi juga sudah bisa memegang serta melepas benda pada genggaman tangan.
Posted on Jan 09, 2021   |   Branding
Melatih Si Kecil Makan Sendiri

Di usia 8 bulan rata-rata bayi sudah mulai mampu mengkoordinasikan gerak motorik halus, seperti meraih, mengambil, dan memindahkan benda dari tangan satu ke lainnya. Bayi juga sudah bisa memegang serta melepas benda pada genggaman tangan. Saat inilah waktu yang tepat untuk melatihnya makan sendiri. Tahapan ini penting, karena menurut Psikolog anak Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si. koordinasi motorik yang baik akan berpengaruh terhadap kecerdasan anak secara umum. 

Sebagai langkah awal, Dra. Surastuti Nurdadi, MSi dari Fak. Psikologi UI menyarankan untuk memberi makanan yang bisa dipegang anak, atau finger food. Kegiatan ini untuk melatih Si Kecil menggenggam makanan, lalu membawa makanan sampai ke mulut dan memakannya. Makanan yang bisa digunakan sebagai finger food antara lain buah apel yang telah dipotong, brokoli kukus, wortel kukus, kentang rebus, dan sebagainya.

Tanamkan juga kedisiplinan Si Kecil dengan selalu membiasakan ia makan di meja makan, bukan sambil jalan-jalan. Kebiasaan ini tetap harus dipegang saat ia diajak berkunjung ke rumah kerabat. - red