Health

Depresi seringkali dianggap sepele. Padahal bila tidak ditangani bisa mendorong penderitanya untuk bunuh diri.
Posted on Jan 01, 2021   |   Branding
Kebiasaan Ini Bisa Memacu Depresi

Depresi seringkali dianggap sepele. Padahal bila tidak ditangani bisa mendorong penderitanya untuk bunuh diri. Sayangnya penyebab depresi secara spesifik masih belum diketahui. Diduga kondisi ini terjadi akibat kombinasi dari faktor genetik, biologis, psikologis, dan lingkungan. Beberapa kebiasaan yang tampaknya sederhana seperti berikut ini pun bisa menimbulkan terjadinya depresi.

1. Kurang Olahraga

Olahraga penting bagi kesehatan fisik dan mental. Saat berolahraga, otak akan menghasilkan dua zat kimia yang bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia, yaitu serotonin dan dopamin. Cukup dengan berolahraga selama 40 menit setiap hari, akan membantu otak memproduksi lebih banyak serotonin dan dopamin.

2. Diet Tak Sehat

Sebuah penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan, orang-orang yang suka makan makanan olahan seperti keripik, mi instan, atau sosis hampir setiap hari lebih rentan mengalami depresi. Ganti diet Anda dengan makanan yang mengandung asam lemak omega 3, yang yang baik bagi otak.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur membuat seseorang lebih mudah marah dan sangat paranoid. Para ahli menganjurkan agar setiap orang sebaiknya tidur selama 7-8 jam setiap malamnya.

4. Mengisolasi Diri

Terlalu mengisolasi diri bisa menimbulkan rasa kesepian dan memunculkan pikiran negatif, yang akhirnya membuat Anda lebih rentan terhadap depresi. Berinteraksi dengan orang lain bisa memicu produksi berbagai zat kimia di dalam otak, yang membantu menurunkan kadar stres. 

5. Berpikir Negatif

Jangan habiskan waktu dengan pemikiran yang negatif dan pesimis. Gunakan waktu untuk mensyukuri segala sesuatu yang Anda miliki saat ini dan berhenti memikirkan berbagai kegagalan atau kesalahan di masa lalu. – red