Tips & Tricks

High heels, alias sepatu hak tinggi, seringkali menjadi pelengkap penampilan wanita. Namun ternyata ada risiko dan bahaya kesehatan di balik penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering.
Posted on Mar 25, 2019   |   Branding
Risiko Tersembunyi Dibalik Memakai High heels

High heels, alias sepatu hak tinggi, seringkali menjadi pelengkap penampilan wanita. Namun ternyata ada risiko dan bahaya kesehatan di balik penggunaan sepatu hak tinggi yang terlalu sering. Mengenakan sepatu berhak tinggi membuat tubuh berada pada postur yang tidak normal. Sepatu hak tinggi memberikan tekanan berlebihan pada bagian kaki depan dan membuat beban tubuh bertumpu hanya kepada bagian tertentu. Dalam jangka panjang, kondisi ini berisiko membuat perubahan postur tubuh yang berujung kepada timbulnya penyakit seperti yang berikut ini:


- Osteoartritis atau radang sendi. Tekanan pada lutut akibat penggunaan sepatu hak tinggi bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya osteoartritis. Kondisi ini terjadi karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi yang mengakibatkan peradangan dan rasa nyeri.


- Achilles tendinitis atau radang tendon. Saat Anda mengenakan sepatu hak tinggi, tendon Achilles pada kaki memendek. Pemakaian hak tinggi secara terus-menerus dan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan radang tendon. Selain otot betis yang terasa menegang saat meregangkan kaki, penyakit ini ditandai dengan nyeri dan bengkak pada tumit ketika Anda berjalan.


- Metatarsalgia atau rasa sakit dan peradangan pada bagian metatarsal (telapak kaki). Rasa sakit ini timbul karena sepatu hak tinggi mendatangkan tekanan berlebihan pada telapak kaki bagian atas atau tepat di bawah jari kaki Anda. Jika tidak segera ditangani akan menyebabkan retak tulang.


- Jari kaki membengkok. Tekanan secara terus-menerus pada telapak kaki bagian depan akibat penggunaan sepatu hak tinggi, terutama yang berujung lancip atau yang ukurannya terlalu kecil dapat mengakibatkan kelainan bentuk kaki, seperti membengkoknya tiga jari kaki paling tengah, atau timbul benjolan tulang pada sendi di pangkal jempol kaki.

 

TRIK AMAN PAKAI HIGH HEELS

Mengingat risiko dan bahaya kesehatan yang mungkin terjadi, bukan berarti Anda tidak bisa tampil bergaya dengan sepatu hak tinggi. Ada beberapa langkah untuk mengatasinya.


- Jika pekerjaan menuntut Anda untuk mengenakan sepatu hak tinggi setiap hari, selingi dengan alas kaki yang datar saat jam istirahat kerja atau dalam perjalanan berangkat dan pulang kerja.


- Untuk penggunaan sehari-hari, hindari sepatu hak tinggi dengan ujung lancip atau ukuran yang terlalu kecil. Pilih sepatu dengan hak berpenampang lebih lebar. Simpan stiletto Anda untuk acara-acara khusus, seperti pesta.


- Lakukan peregangan kaki tiap hari untuk melemaskan otot betis hingga jari-jari kaki. (red)


foto: independent.co.uk