Baby & Kids

Badan kesehatan dunia, WHO, merekomendasikan kebutuhan gula anak tidak boleh lebih dari 10 persen total kebutuhan energi harian mereka.
Posted on Mar 16, 2019   |   Branding
Jumlah takaran gula yang boleh di konsumsi anak


Badan kesehatan dunia, WHO, merekomendasikan kebutuhan gula anak tidak boleh lebih dari 10 persen total kebutuhan energi harian mereka. 


Anak yang berusia 1-3 tahun dengan kebutuhan energi rata-rata 1000 kkal, maka kebutuhan gulanya mencapai 25 gram atau sekitar 5 sendok teh per hari.


Anak usia 3-6 tahun dengan angka kebutuhan energi rata-rata yang mencapai 1550 kkal perhari, maka asupan gula tidak boleh lebih dari 64 gram atau 12 sendok teh per hari. Angka kebutuhan gula di atas merupakan angka maksimal per hari. Sebab itu, selalu cermati kandungan gula dalam setiap makanan yang disantap anak.

 

Tips Membatasi Gula

 

1. Beralihlah ke makanan ringan atau camilan yang tidak mengalami proses pengolahan, seperti buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

 

2. Saat membeli makanan, selalu baca label nutrisi yang terkandung di dalamnya dan bandingkan dengan produk lain.  

 

3. Batasi pembelian minuman manis seperti sirup atau softdrink, dan sebagainya. Jangan menyimpan minuman manis berlebihan di rumah. Minuman terbaik untuk anak adalah air putih dan susu rendah lemak.

 

4. Batasi asupan jus buah, sebab banyak  jus buah yang memiliki kadar gula tinggi.

 

5.Jangan jadikan makanan manis menjadi hadiah  untuk anak. Hadiah permen atau cokelat menjadikannya sebagai makanan spesial yang berbeda dengan makanan lain menurut anak.

 

6. Menjadi teladan bagi anak-anak dengan mencontohkan gaya hidup sehat. (red)

foto: cairogyms.com