Baby & Kids

Pada beberapa bayi, pusar tampak lebih menonjol, atau yang biasa kita sebut bodong.
Posted on Mar 01, 2019   |   Branding
Kok Pusar Bayi Bisa Bodong?

Pernahkah Anda memerhatikan pusar bayi yang berusia beberapa minggu? Pada beberapa bayi, pusar tampak lebih menonjol, atau yang biasa kita sebut bodong. Bodong atau tidaknya pusar bayi tidak berhubungan dengan adanya kesalahan saat menggunting pusar. 


Dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo, Surabaya, menjelaskan kondisi ini bisa terjadi karena pembentukan organ bayi pada trimester pertama kehamilan yang kurang sempurna. Saat di dalam kandungan, bayi mendapat nutrisi dan oksigen dari ibu lewat pembuluh darah yang masuk lewat pusar. Setelah lahir, pembuluh darah ini dipotong dan disisakan tangkainya. 


Dalam waktu 1-2 minggu pembuluh darah yang dipotong dan disisakan tangkainya tersebut akan puput atau tanggal dan menyisakan pusar yang akan tampak menonjol. Pada beberapa bayi, tonjolan tadi bisa lebih besar karena penutupan cincin pusar di bagian dalam pusar tersebut tidak sempurna. Dr. Meta menambahkan "Selain itu ada beberapa penelitian yang menyebutkan faktor genetik sebagai salah satu hal yang memengaruhi." -red

 

"Usia 4-6 bulan adalah tahap penting bagi bayi untuk dapat membangun ikatan yang kuat dengan orangtua, ataupun pengasuhnya. Semua keluarga harus tahu, bayi menangis karena ia mencari seseorang yang bisa membantunya. Kita sebaiknya segera merespon tangisannya.” (Dr. Armeet Singh, MD, dokter di UnityPoint Clinic, Bettendorf, Iowa, Amerika Serikat.) 


foto: oudersenzo.nl