Tips & Tricks

Kita semua pasti pernah mengalami cegukan, yaitu sebuah kondisi akibat terlalu rendahnya kadar karbondioksida di dalam darah.
Posted on Aug 25, 2018   |   Branding
Cara Pintar Redakan Cegukan

Kita semua pasti pernah mengalami cegukan, yaitu sebuah kondisi akibat terlalu rendahnya kadar karbondioksida di dalam darah. Cegukan tak berbahaya tapi membuat mereka yang mengalaminya pasti tidak nyaman, terlebih ketika sedang berbincang atau dalam sebuah pertemuan penting.

 Tapi tak usah cemas karena ada sejumlah makanan dan minuman yang dapat mengatasi cegukan dengan cepat. Untuk diketahui bahwa cegukan merupakan cara tubuh memberitahu bahwa sudah makan atau minum terlalu banyak. Tapi, cegukan juga kadang dipicu oleh gas beracun, asap, makanan pedas dan minuman.  

 Gas beracun, asap, makanan pedas dan minuman bisa kadang dapat menjadi pencetus cegukan, selain juga karena mengonsumsi makanan panas dan dingin secara bersamaan. Sejumlah pakar mengatakan cegukan, yang dalam istilah medisnya disebut singultus, ini merupakan kondisi dari diafragma yang mengejang. Ada juga yang menjelaskan bahwa cegukan merupakan refleks agar Anda tidak tersedak makanan atau minuman. 

Cegukan bisa juga disebabkan oleh iritasi saraf frenikus yang merupakan saraf motorik menuju diafragma yang membantu mengendalikan proses pernapasan. Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi pemicu cegukan selain yang disebutkan di atas, seperti misalnya adanya benda asing di telinga. Tapi yang jelas, Anda sebisa mungkin segera mengatasi cegukan, karena cegukan yang berkepanjangan bisa membuat seseorang pingsan yang diakibatkan oleh masalah irama detak jantung.   

Nah, berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi cegukan Anda: 

1. Gula Menelan satu sendok teh gula pasir dapat membantu menghentikan cegukan. Mekanismenya adalah gula yang lengket saat ditelan diyakini dapat mengubah ritme pernapasan, yang pada akhirnya dapat menghentikan cegukan. Cegukan jugabisa berhenti karena rasa manis yang dirasakan ujung saraf dalam mulut, terutama di bagian belakang lidah yang peka terhadap rasa asam. 

2. Selai kacang Satu sendok makan selai kacang juga dipercaya dapat mengatasi cegukan. Mekanismenya sama dengan mengonsumsi tepung gula, yaitu selai kacang yang lengket di kerongkongan dapat mengubah ritme pernapasan. 

3. Jeruk nipis Mengunyah irisan lemon segar dapat memengaruhi pola impuls saraf vagus, yang bisa berimbas pada berhentinya cegukan. Selain mengunyah, mengisap atau memakan irisan jeruk nipis tadi juga dapat mengakhiri cegukan. 

4. Air putih Minum air putih mungkin merupakan cara paling umum untuk membantu mengatasi cegukan. Mekanismenya adalah, air yang tertelan dapat mengganggu siklus cegukan dan mengendurkan saraf. Tak cuma itu, berkumur dengan air putih juga dapat mengatasi cegukan.  

sumber: dokterdigital.com

foto: juicing-for-health.com