Baby & Kids

Apakah Anda sering melihat Si Kecil asyik melamun? Berbahayakah untuk kesehatan pikirannya?
Posted on Jan 23, 2019   |   Branding
Melamun, Berbahayakah untuk Anak?

Apakah Anda sering melihat Si Kecil asyik melamun, saat bermain, sambil mengunyah makan, sebelum tidur, atau ketika menonton TV? Berarti, Anda harus terus membaca artikel berikut ini. 

Secara psikologis, melamun didefinisikan sebagai kondisi ketika pikiran anak terputus sementara dari lingkungannya, atau ketika kontak antara dirinya dan lingkungannya menjadi kabur, digantikan oleh khayalan visual dan dialami dalam kondisi terjaga. 

Menurut psikolog, melamun merupakan aktivitas normal dalam perkembangan anak. Melamun menjadi cara bagi anak untuk mengatasi rasa bosan dan lelah, mencari jalan keluar masalah (problem solving), membayangkan sebuah kejadian, atau merangsang kreativitasnya.

Sebuah studi di University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa melamun berhubungan dengan kecerdasan. Anak yang pikirannya sering melayang saat melakukan tugas-tugas sederhana ternyata malah memiliki otak lebih tajam, karena ia memiliki lebih banyak memori kerja di otak sehingga memberinya kemampuan untuk multi tasking atau melakukan dua hal pada waktu bersamaan, demikian peneliti Daniel Levinson menyebutkan. 

Jadi tak perlu cemas bila anak Anda tampak sedang melamun, selama kebiasaan ini tidak mengganggu aktivitas sehari-harinya. Sebab melamun itu positif dan sehat! (Red)

Foto: naturalawakeningboston.com