Tips & Tricks

Ini cara mudah mengajari anak merawat gigi!
Posted on Apr 07, 2020   |   Branding
Merawat Gigi Anak Sejak Dini

Mengajari Si Kecil menyikat gigi sejak dini sangat penting dilakukan agar gigi geliginya tumbuh dan terawat dengan baik. Berikut  cara mengajari anak merawat  gigi.

1. Gunakan sikat gigi ukuran kecil dengan bulu sikat yang lembut. Sebelum anak berusia 2 tahun, sebaiknya oleskan tipis atau samar pasta gigi khusus balita. Setelah anak berusia 2 tahun, Anda boleh tingkatkan jumlah pasta giginya, misalnya sebesar kacang polong. Perlu diingat, sejumlah kecil fluoride bagus untuk anak. Namun jika ia menelan fluoride terlalu banyak dan terus menerus akan menyebabkan fluorosis, yaitu kerusakan enamel yang menyebabkan perubahan warna gigi menjadi tidak putih lagi sebagaimana gigi yang sehat, akan tetapi menjadi pucat dan buram.  Untuk menghindari pemberian fluoride yang terlalu banyak untuk Si Kecil, pastikan Anda mengikuti rekomendasi berikut ini:

- Sikat gigi dua kali sehari, pagi dan malam hari setelah makan malam. 

- Ajari anak untuk menyikat  gigi bagian luar, dalam serta lidah dengan lembut untuk mengusir  bakteri penyebab bau mulut. 

- Beri tahu anak untuk tidak menelan pasta giginya. Meskipun rasanya enak. 

- Ajari anak untuk berkumur-kumur setelah menggosok gigi. Gunakan air matang untuk anak berkumur. 

2. Ganti sikat gigi anak bila  bulu sikatnya mulai terlihat usang atau tertekuk.

3. Berilah dia kesempatan untuk belajar menyikat gigi sendiri, meskipun ia belum bisa melakukannya dengan baik dan benar. 

4. Berikan pujian setelah anak selesai sikat gigi. Hal ini dapat memotivasinya untuk rajin  menyikat gigi.

5. Jika anak sering rewel saat menyikat gigi, Anda bisa membantunya dengan membelikan sikat gigi bergambar karakter favoritnya, misalnya Elmo, Winnie The Pooh dan sebagainya, agar mereka tertarik. Saat membeli sikat gigi, biarkan ia memilih warna favoritnya. 

6. Agar kesehatn dan keindahan gigi anak tetap terjaga, jangan berlebihan memberi makanan manis dan bertepung, seperti permen, jus buah, biskuit, roti dan sebagainya. Kedua makanan tersebut memberikan kontribusi untuk gigi berlubang. Sebaiknya hindari juga memberinya makanan lengket semisal buah kering yang susah dibersihkan. Ketika Anda memberikan anak makanan manis atau bertepung, sajikan sebagai mealtime ketimbang snack atau camilan. 

7. Lakukan kunjungan rutin ke dokter gigi. Para ahli menyarankan membawa anak ke dokter gigi saat anak berusia satu tahun. (red)

Foto:.nhs.uk