Health

Sarapan telur mata sapi yang digoreng pakai mentega, siapa yang tak suka? Rasa dan aromanya lebih nikmat dibanding minyak goreng.
Posted on Jun 07, 2020   |   Branding
Boleh Pakai Margarin, Asal...

Sarapan telur mata sapi yang digoreng pakai mentega, siapa yang tak suka? Rasa dan aromanya lebih nikmat dibanding minyak goreng. Tapi tahukah Anda bahwa pengolahan margarin pada suhu tinggi justru merusak asam lemak esensial omega 3 dan 6, termasuk vitamin yang terkandung di dalamnya? 

"Omega 3 dan 6 dibutuhkan untuk pertumbuhan sel otak, sehingga asam lemak esensial yang bisa ditemukan pada minyak atau margarin ini sangat penting. Namun kandungannya bisa hilang bila margarin dipanaskan terlalu tinggi, karena mengubah komposisi lemak," ujar Ahli Gizi Kesehatan Masyarakat dari Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Prof. Dr. dr. Ratna Djuwita, M PH. 

Menurut Ratna, margarin yang dipanaskan terlalu tinggi akan berubah menjadi trans fat atau lemak jenuh, yang biasa dikenal sebagai lemak jahat. Lemak jahat meningkatkan kadar kolesterol (LDL) dan menimbulkan resiko banyak penyakit. Solusinya? Gunakan dalam takaran sedikit saat menumis atau cukup dioleskan pada roti. Jangan gunakan untuk deep fried, dan bila digunakan untuk memanggang, pastikan suhunya tak terlalu tinggi untuk mempertahankan kandungan di dalamnya. (red)

foto: dailymail.co.uk