Maternity

Berikut ini teknik atau cara mengencangkan perut yang mudah dan bisa dilakukan di rumah.
Posted on Feb 03, 2020   |   Branding
Perut Langsing Pasca Melahirkan

Kehamilan telah mengubah wanita dalam banyak hal. Anda mungkin mengalami perubahan besar baik secara fisik maupun mental. Secara fisik, salah satu fokus utama wanita pasca melahirkan adalah menghilangkan lemak di perut agar perut kembali kencang seperti sedia kala. 

Berikut adalah latihan yang bisa Anda lakukan untuk mengencangkan perut yang kendur pasca persalinan. Namun harus diingat, karena tubuh membutuhkan waktu sekitar 6 hingga 8 minggu untuk pulih dari persalinan,  sebelum memulai latihan konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda.  Sebab, jika Anda memulai latihan terlalu dini akan menunda proses pemulihan dan membuat tubuh Anda menjadi lelah. 

1. Olahraga ringan

Setelah 6 minggu istirahat pasca persalinan, Anda bisa memulai latihan olahraga ringan seperti jalan kaki. Awalnya, lakukan minimal selama 15 menit jalan kali, 5 kali dalam seminggu. Anda bisa mengajak jalan Si Kecil dengan menggunakan kereta dorong bayi jika cuaca sedang bersahabat.

2. Latihan dasar peregangan (Stretching)

Setelah beberapa hari melakukan aerobik ringan seperti jalan kaki, Anda bisa meningkatkan latihan peregangan atau stretching. Latihan ini penting untuk kelenturan otot-otot Anda. Stretching dapat meningkatkan rentang gerak, fleksibilitas, sirkulasi, dan keberhasilan dari seluruh latihan Anda.

3.  Senam kegel 

Latihan ini akan membantu kekuatan otot kandung kemih. Semakin sering melakukan senam kegel, maka Anda jadi tidak mudah ngompol saat bersin, tertawa atau mengangkat bayi Anda. Anda bisa melatih senam kegel di mana saja dan kapan saja, misalnya saat sedang buang air kecil, Anda bisa memanipulasi otot Anda sampai aliran urin berhenti sementara. Kemudian lepaskan dan biarkan aliran urin mengalir kembali. Cobalah untuk melakukanya 10 kali setiap sesi sebanyak tiga kali sehari.

4. Latihan otot perut

Latih otot pada perut Anda dengan duduk, berdiri atau berbaring. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menarik perut Anda ke bagian perut dalam dengan cara mengontraksikan pada otot perut, kemudian tahan beberapa menit.

5. Sit-Up

Latihan sit-up berguna untuk mengencangkan perut yang kendur setelah melahirkan karena berfokus pada gerakan menarik otot perut dan di sekitar perut. Untuk awal, lakukan sit-up sebanyak 2 x 10 menit pada pagi hari.

6. Latihan pinggul

Latihan pinggul adalah cara lain untuk menurunkan bobot di sekitar bokong Anda.

Berbaring dengan lutut tertekuk dan tangan terentang ke samping.Kaki serta bahu lurus,dan lutut rapat.

Putar pinggang dan ayunkan kedua lutut hingga menyentuh lantai di sebelah kiri Anda, sementara pinggul kanan mengarah ke langit-langit.

Ulangi beberapa kali bergantian.

Latihan-latihan tersebut juga dapat Anda saat duduk memangku bayi,atau tiduran di tempat tidur.

7. Yoga

Yoga adalah latihan terbaik untuk mengencangkan perut pasca melahirkan. Jadikan yoga sebagai rutinitas Anda sehari-hari. Anda bisa mulai berlatih yoga di rumah atau bergabung dengan kelas yoga.

8. Pilates

Pilates adalah salah satu latihan yang melatih tubuh Anda untuk menjadi lebih kuat, lebih fleksibel dan seimbang. Setiap gerakannya terkontrol yang dikoordinasikan dengan pernapasan. 

9. Renang

Renang dapat mengecilkan perut dengan aman. Olahraga ini ramah terhadap sendi dan otot. Dengan berenang, otot-otot tubuh yang otomatis kendur pasca melahirkan akan kembali diperkuat. 


Mengencangkan Perut dengan Cara Tradisional

1. Menggunakan korset, stagen dan gurita

Penggunaan bengkung (stagen), korset  dan  gurita bisa melangsingkan kembali perut yang melar pasca melahirkan. Hal ini disebabkan adanya tekanan ke dalam rongga perut sehingga dapat membantu kontraksi rahim ke bentuk semula. Pemakaian stagen sebaiknya rutin, jadi  tidak hanya sehari dua hari. Untuk ibu yang melahirkan lewat operasi Caesar dan jahitan operasi berada di tengah perut diperbolehkan memakai gurita daripada stagen. Pakailah gurita paling tidak satu minggu setelah persalinan, agar jahitan bekas operasi sudah mongering. Jahitan yang masih baru atau basah jika langsung dipakaikan gurita atau stagen akan membuat luka semakin parah.

2. Jamu tradisional 

Untuk mengencangkan perut minum jamu tradisional secara teratur. Selain banyak di jual di pasaran, Anda juga bisa membuat sendiri jamu tersebut. Bahan yang digunakan umumnya kencur, kunyit, jeruk nipis dan  buah mengkudu.

3. Ramuan tradisional

Anda juga bisa menggunakan ramuan yang dibalurkan atau ditempelkan di perut. Gunakan bahan alami seperti jeruk nipis yang dioleskan ke perut. (red)



Foto: redbookmag.com