Baby & Kids

Setiap bayi mencapai milestone dengan cara yang berbeda. Bagaimana cara memahami dan mendorongnya?
Posted on Jul 07, 2017   |   Branding
8 Cara Memahami Milestone Si Kecil

Sebagai ibu baru, Anda mungkin bertanya-tanya apakah perkembangan Si Kecil normal baik secara fisik, mental dan sosial. Faktanya, setiap bayi mencapai milestone dengan cara yang berbeda. Ada yang lebih dulu belajar bicara, sementara yang lain lebih dulu belajar berjalan, atau beberapa bayi melakukan keduanya. 

Yang terbaik adalah memahami jangka waktu dari milestone Si Kecil dan menikmati setiap perkembangan barunya. Jangan lupa untuk mengabadikan milestone anak dalam bentuk video dan gambar, sehingga Anda bisa memperlihatkan padanya di kemudian hari. 

Berikut  milestone Si Kecil dan cara memahaminya:

1. Senyum

Di minggu pertama kelahirannya, bayi Anda sudah bisa tersenyum.

- Bayi benar-benar belajar mengungkapkan kebahagiannya antara usia 1 hingga 3 bulan.

- Di usia 3 bulan, Anda bisa mendengarnya tertawa dan cekikikan.

- Teruslah membuat suara atau ekspresi lucu untuk mendorong bayi Anda tersenyum dan tertawa.

2. Mengangkat kepala

Umumnya bayi bisa mengangkat kepala di usia 2 – 6 bulan. Membiarkan Si Kecil dalam posisi tengkurap (melakukan tummy time) sangat penting untuk memperkuat lehernya. Saat melakukan tummy time, bayi harus selalu dalam pengawasan orangtua/orang dewasa lainnya. Selain membantu kemampuan motoriknya, posisi tengkurap juga membantu meredakan kembung dan sangat baik untuk bayi yang menderita kolik.

3. Berguling

Bayi mulai bisa berguling sejak usia 3,5 bulan sampai 12 bulan. Ia berguling dari posisi tengkurap ke posisi terlentang atau sebaliknya. Untuk mendorong bayi berguling, sering-seringlah melakukan tummy time atau bermain dalam posisi tengkurap.  

4. Duduk

Bayi Anda mungkin bisa duduk dengan dibantu saat ia berusia sekitar 3-4 bulan. Sebagian besar bayi akan mulai mencoba duduk sendiri saat usianya 6 bulan sampai 13,5 bulan. Untuk memotivasi bayi duduk sendiri, Anda bisa duduk dibelakangnya sambil membantu mendukung punggungnya. Kontrol tubuhnya yang masih rendah akan terus berkembang jika bayi Anda sering melatih hal ini, dan memberinya kepercayaan diri untuk duduk sendiri.

5. Merangkak

Begitu Si Kecil sudah bisa duduk sendiri, ia akan segera mempelajari keterampilan baru, yaitu merangkak. Merangkak biasanya dimulai saat bayi berusia 6 – 10 bulan. Anda bisa menstimulasi Si Kecil dengan cara membiasakannya untuk merangkak dari satu area ke area lainnya. Taruh mainan favoritnya di area yang agak jauh agar ia merangkak untuk mencapainya.

6. Berdiri dan Merambat

Setelah berlajar mengangkat tubuhnya  ke posisi berdiri, Si Kecil akan mulai belajar merambat. Ia akan merambat ke dinding dan perabotan rumah tangga seperti kursi, meja, lemari dan sebagainya. Milestone ini biasanya dimulai pada saat ia berusia 8 – 11 bulan. Tetap awasi Si Kecil ya, bu!

7. Berjalan

Ini adalah milestone yang dinanti-nanti para orangtua. Biasanya dimulai saat ia berusia 10 – 18 bulan. Bayi Anda membutuhkan banyak keberanian dan kepercayaan diri untuk melepas dukungan yang dipegangnya agar bisa berjalan sendiri. Ia akan jatuh dan bangun lagi sesering mungkin. Jangan lupa untuk mengabadikannya, ya.

8. Berbicara

Bayi Anda mungkin mulai mengoceh sejak usia 4 sampai 5 bulan dengan mengatakan "yaaa" atau "gagaaa".

- Dorong bayi Anda untuk berbicara. Bacakan ia buku sejak dini, bicaralah padanya tentang apapun dan segalanya, tiru suara yang ia buat dan nyanyikan lagu anak-anak untuknya. Semakin banyak kata yang didengar bayi Anda, semakin banyak kemampuannya untuk berbicara berkembang.

- Jika Anda berasal dari keluarga bilingual, bicaralah dengan bayi Anda dalam kedua bahasa tersebut. Berbicara dengan berbagai bahasa akan membantunya mengasah kemampuan linguistik. Berbicara dengan banyak bahasa tidak akan membingungkan anak. Justru itu akan merangsang perkembangan otaknya dan membuatnya lebih mudah mempelajari bahasa baru saat ia besar kelak.

- Antara  usia 12 sampai 18 bulan Si Kecil akan menggunakan lebih banyak kata selain 'mama' dan ‘papa.’

Penting untuk diingat:

- Adalah normal bagi bayi untuk mencapai milestone yang berbeda dari bayi lainnya. Ada yang lebih cepat dan ada yang lebih lama dari yang lainnya. Jika Anda merasa Si Kecil terlalu lama atau tidak kunjung mencapai milestone-nya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak.

- Milestone bukanlah indikator bagaimana bayi Anda akan berubah di kemudian hari. Hanya karena bayi Anda belajar berbicara lebih lama dari bayi lainnya bukan berarti ia bisa menjadi orator yang baik dalam hidup. 

- Hindari membandingkan prestasi bayi Anda dengan keinginan atau harapan Anda sendiri dan jangan memaksa bayi untuk duduk atau berdiri. Bayi terlahir dengan reflek tertentu. Jadi, memaksa bayi Anda melakukan hal-hal tertentu tidak akan membuatnya melakukannya lebih cepat. 

- Nikmati perkembangan bayi Anda dan ingatlah untuk mengabadikan semua momen berharga itu. (YU) 

Foto: beautyhealthtips.in