Health

Siapa yang bilang kalau mengonsumsi cokelat buruk bagi tubuh? Ini manfaat cokelat yang tak disangka-sangka.
Posted on Jun 05, 2020   |   Branding
Cokelat yang Bermanfaat

Apakah Anda penggemar cokelat? Tak perlu merasa bersalah dan khawatir bila mengonsumsi cokelat, karena ternyata kudapan lezat ini memberi banyak manfaat. Yuk kita lihat apa saja manfaatnya! 

1. Meningkatkan Daya Pikir

Sebuah riset di Northumbria University Inggris menyebutkan bahwa konsumsi cokelat bisa meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengerjakan soal berhitung. Para responden yang berpartisipasi dalam riset tersebut bisa menghitung mundur lebih baik setelah mengonsumsi lima batang cokelat atau secangkir cokelat panas yang mengandung 500 mg flavanol.

2. Meningkatkan Aliran Darah

Flavanol bertangung jawab dalam hal ini. Flavanol adalah senyawa kimia bersifat antioksidan yang terdapat di dalam cokelat. Menurut para peneliti, flavanol ampuh meningkatkan aliran darah ke otak.

3. Membuat Tahan Godaan Makan

Penelitian lain di Denmark menemukan bahwa orang yang mengonsumsi cokelat hitam sebelum makan, bisa memperoleh kalori 15% lebih sedikit. Dan ini membuat pemakan cokelat tidak tergoda untuk makan makanan berlemak, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan cokelat.

Jadi berapa dosis cokelat yang tepat untuk dikonsumsi? Berdasarkan penelitian, manfaat terbaik diperoleh ketika seseorang mengonsumsi  kira-kira 6,7 gram cokelat per hari. Ini setara dengan sebungkus kecil cokelat dua atau tiga kali sepekan. 

Namun ingat ya, pilihlah cokelat jenis dark chocolate yang sama sekali tidak menggunakan bahan campuran seperti susu dan gula, agar tidak menimbun lemak dalam tubuh. (Red)

Foto: www.womenfitness.net