Baby & Kids

Mengapa zat besi penting untuk tubuh dan apa manfaat zat besi untuk anak?
Posted on May 10, 2017   |   Branding
Mengapa Si Kecil Butuh Zat Besi?

Tubuh manusia membutuhkan zat besi untuk menciptakan hemoglobin dan myoglobin, yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.  Anak-anak membutuhkan zat besi untuk perkembangan selama masa pertumbuhannya. Kekurangan zat besi menyebabkan kondisi yang disebut anemia atau defisiensi zat besi. 

Mengapa zat besi penting untuk buah hati Anda, dan apa manfaat makanan yang mengandung zat besi untuk anak-anak? Zat besi dibutuhkan tubuh karena memiliki peran penting dalam sejumlah proses biologis, yang utama adalah hematopoiesis, yakni  proses pembentukan komponen sel darah merah.

Zat besi mengikat oksigen dalam hemoglobin, memungkinkan pengalihan oksigen dari paru-paru ke bagian tubuh yang lain.

Zat besi mengonversi gula darah menjadi energi.

Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan fisik dan mental pada anak-anak dan bayi. 

Zat besi penting untuk perkembangan kognitif anak dan berfungsinyA sistem kekebalan tubuh.

Kebutuhan anak akan zat besi

 Jumlah zat besi yang dibutuhkan anak Anda bergantung pada usianya:

Usia 1 – 3 tahun: 7  miligram (mg) per hari

Usia 4 – 8 tahun: 10 mg per hari

Usia 9 – 12 tahun: 8 mg per hari

Sumber zat besi bisa ditemukan pada daging merah, unggas, telur, kacang-kacangan, kedelai, sayuran berwarna hijau tua, buah kering, sereal dan pasta yang telah diperkaya zat besi. 

Dampak Kelebihan Zat Besi

Asupan zat besi yang berlebihan bisa menjadi racun. Terkadang, hemokromatosis keturunan menyebabkan tubuh menyerap lebih banyak zat besi daripada yang diperlukan. Namun hampir mustahil anak bisa kelebihan zat besi hanya dari makanan. Kecuali anak makan beberapa porsi makanan yang diperkaya zat besi, atau diberikan suplemen zat besi. Gejala zat besi yang berlebihan di tubuh meliputi kelelahan, pusing, sesak napas, dan penurunan berat badan. Jika anak Anda menunjukkan gejala ini,  segera berkonsultasi dengan dokter. (YU)

Foto: angelaberrill.com