Health

Konsumsi gula yang berlebihan juga berpengaruh buruk pada kesehatan kulit.
Posted on May 05, 2017   |   Branding
Pengaruh Gula bagi Kesehatan Kulit

Anda pasti sudah paham pentingnya mengoleskan krim tabir surya sebelum berkegiatan di luar ruangan. Sinar matahari di siang hari memang kurang bersahabat bagi kesehatan kulit. Tapi tahukah Anda, konsumsi gula yang berlebihan juga berpengaruh buruk pada kesehatan kulit. Simak penjelasan berikut ini:

1. Merusak kolagen. Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Ia menciptakan elastisitas bagi kulit dan berperan penting dalam proses regenerasi sel-sel kulit. Konsumsi gula yang berlebih melemahkan fungsi kolagen, menyebabkan kulit kehilangan elastisitas lebih dini. 

2. Kulit mengalami dehidrasi. Gula memiliki sifat menyerap air dalam sel, termasuk sel-sel kulit. Akibatnya lapisan kulit teluar akan tampak kering karena dehidrasi. Dehidrasi pada kulit bisa mengakibatkan keriput dan kekurangan nutrisi. Lingkar hitam pada mata juga bisa disebabkan oleh konsumsi gula berlebih.

3. Inflamasi atau peradangan. Gula mengandung kadar keasaman tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi gula membuat kadar gula dalam darah meningkat. Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan peradangan. Hasilnya, kulit pun jadi berjerawat. Tingginya kadar gula darah juga bisa memicu stres yang membuat penampilan wajah tidak cantik. - FD

foto: interhealthusa.com