Health

Yang hobi mengonsumsi minuman bersoda, sebaiknya waspada.
Posted on Jul 18, 2020   |   Branding
Minuman Soda Tingkatkan Risiko Stroke pada Perempuan

Yang hobi banget konsumsi minuman bersoda, sebaiknya waspada. Pasalnya, minuman bersoda tak hanya dikaitkan dengan meningkatnya risiko osteoporosis perempuan, namun disinyalir juga dapat mendongkrak risiko stroke. Studi yang dilakukan peneliti Jepang menunjukkan perempuan yang mengonsumsi minuman bersoda setiap hari, berisiko 83 persen terkena stroke iskemik. Para peneliti dari Universitas Osaka, Jepang menemukan, bahwa konsumsi minuman manis bersoda meningkatkan risiko pembekuan darah pada lebih dari 80 persen perempuan. 

Namun, efek tersebut lebih rendah pada laki-laki. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa semua minuman ringan -- bahkan yang rendah kalori sekalipun -- meningkatkan kemungkinan stroke baik pada perempuan maupun laki-laki. Sejumlah penelitian lain yang terkait konsumsi soda dengan obesitas dan diabetes tipe dua, juga menunjukkan adanya hubungan dengan faktor risiko stroke. 

Selama penelitian, tim peneliti dari Universitas Osaka melacak kebiasaan diet, termasuk asupan soda pada hampir 40 ribu lelaki dan perempuan berusia 40-59 tahun, selama 18 tahun. Selama periode itu, hampir 2.000 relawan tersebut mengalami stroke. Peneliti membandingkan kebiasaan minum pasien stroke tersebut dengan mereka yang tidak mengalami pembekuan darah. Hasil penelitian menunjukkan, perempuan yang minum minuman bersoda setiap hari berisiko 83 persen terkena stroke iskemik, akibat adanya gumpalan darah yang menghambat aliran darah dari jantung ke otak. "Meski hanya minum dalam jumlah sedikit sekalipun, perempuan tetap akan terkena risiko tinggi," kata para ilmuwan tersebut seperti dilaporkan Medicmagic.

Sumber: DokterDigital

foto: beveragedaily.com