Tips & Tricks

Jauh sebelum waktunya melahirkan, ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.
Posted on Mar 29, 2020   |   Branding
Persiapan Yang Wajib Sebelum Melahirkan

Jauh sebelum waktunya melahirkan, ada baiknya kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dengan persiapan yang matang, ibu bisa tenang saat melahirkan dan adik bayi pun selamat.

Bagi pasangan yang baru pertama kali menyambut kehadiran anak, ada baiknya jangan mengabaikan persiapan jelang kelahiran, karena ini sangat bermanfaat, terutama bagi yang belum berpengalaman. Berikut apa-apa saja yang harus disiapkan: 

Persiapan Mental 

Biasanya persiapan sudah harus sudah dilakukan ketika kehamilan menginjak awal trimester 3 (minggu ke-29). Pada masa-masa ini, biasanya calon ibu baru akan merasa stress dan cemas dengan proses persalinan yang sudah di depan mata. Saat ini, ada baiknya ibu memeriksakan lagi kandungannya dan berkonsultasi pada dokter tentang persalinan, agar lebih siap menghadapinya. Biasanya dokter akan memberitahu kondisi bayi dan proses persalinan apa yang sebaiknya diambil. Karena entah itu proses kelahiran normal ataupun Caesar, tetap harus dipersiapkan sebaik mungkin. 

Dukungan Keluarga 

Selain berkonsultasi dengan ahli kesehatan, dukungan dari suami dan keluarga sangat diharapkan untuk suksesnya proses melahirkan ini. Ada baiknya suami mencari informasi dari teman, kerabat atau orang yang sudah berpengalaman dalam hal ini, agar suami bisa siaga dan tanggap membantu istri jelang saat melahirkan. Selain suami, ibu juga bisa curhat dengan ibu sendiri ataupun ibu mertua, meminta saran atau menanyakan apa-apa saja yang belum dipahami saat proses persalinan nanti. 

Makan Bergizi

Saat mendekati hari-H, biasanya ibu cendreung “rakus” atau sebaliknya, malas makan. Yang harus diperhatikan adalah: ibu harus tetap mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Selain itu perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, karena ini sangat bermanfaat untuk buah hati kita. Namun bila sudah dekat waktunya, harap kontrol makanan bagi yang ingin makan terus, karena ini juga akan mempengaruhi lancarnya proses persalinan nanti. 

Perlengkapan 

Untuk perlengkapan bayi dan ibu saat melahirkan, kita bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari sebelum melahirkan. Namun ingat, belilah barang seperlunya dulu, tidak perlu stok banyak-banyak. Karena kalau membeli baju atau perlengkapan bayi, enaknya saat bayinya sudah lahir, karena kita bisa mix and match pada saat adik bayi sudah lahir. Yang paling utama harus disediakan di hari pertama bayi lahir adalah popok, selimut, sarung tangan, tisu, kaos kaki, bantal, perlak, tempat tidur bayi, perlengkapan bayi seperti bedak, minyak telon, sabun mandi dan pengharum khusus bayi. Sedangkan untuk ibu, siapkan pembalut khusus melahirkan (bila melahirkan normal), bra ibu menyusui dan perlengkapan lain yang mendukung proses persalinan. 

Tempat Persalinan

Biasanya dalam mempersiapkan tempat persalinan harus sesuai dengan budget yang kita punya. Selain itu, mempersiapkan jauh-jauh hari dana akan bermanfaat dibanding bila mempersiapkannya secara dadakan. Karena bisa saja keadaan persalinan tidak selalu lancar, bahkan bisa mengalami kondisi darurat yang tidak dapat dihindari seperti bedah caesar atau faktor medis lainnya yang tidak mendukung. Selain itu tempat persalinan yang ada haruslah diusahakan terjangkau secara transportasi, atau dekat dengan rumah. Hal ini sangat membantu ibu, karena dapat langsung dibantu secara medis bila membutuhkan penanganan segera. (DL)

foto: parkwayeast.com.sg

Berikut Perlengkapan Persalinan Yang Wajib DI Bawa :

Untuk Ibu:

- Kain untuk melahirkan secara normal (5-6 buah)

- Pembalut khusus bersalin bila melahirkan normal

- Selimut

- Bra menyusui

- Baju kancing depan

- Celana dalam

- Minyak kayu putih atau minyak angin

- Peralatan mandi

- Korset

- Alat kosmetik seperlunya 

- Cemilan untuk ibu

Untuk Bayi:

- Popok (4-5 buah)  

- Sarung tangan, kaos kaki, penutup kepala

- Pakaian bayi (baju dan celana)

- Kain 

- Selimut

- Bedak 

- Minyak telon