Health

Flu bisa menular pada anak-anak sehat yang diketahui tidak memiliki risiko tinggi medis seperti
Posted on Mar 18, 2017   |   Branding
Flu pada Anak Bisa Berakibat Fatal

Flu bisa menular pada anak-anak sehat yang diketahui tidak memiliki risiko tinggi medis seperti asma, diabetes, kanker, cacat jantung bawaan, atau gangguan neurologis seperti cerebral palsy atau epilepsi. Laporan dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika yang dipublikasikan di 

Jurnal Pediatrics edisi November 2013 menyebutkan, sebanyak 43 persen anak yang meninggal akibat komplikasi flu ternyata termasuk anak yang sehat dan tidak memiliki riwayat medis. “Laporan ini membawa pesan menyedihkan. Ternyata hampir setengah anak yang meninggal akibat flu merupakan anak yang sehat dan normal,” ujar William Schaffner, anggota komite penasihat CDC yang tidak terlibat penelitian, seperti dilansir USA Today.

 Dari 43 persen anak sehat yang meninggal akibat flu, 33 persen di antaranya memiliki gangguan neurologis. Lalu sebanyak 12 persen di antaranya memiliki kelainan genetis atau kromosom. Penemuan ini bukanlah hal yang mengejutkan. Dari laporan ini juga ditemukan bahwa sebagian besar dari mereka yang meninggal akibat flu sebelumnya tidak pernah mendapatkan vaksin flu. Padahal, pemberian vaksin flu merupakan upaya pencegahan terbaik. Flu memang merupakan penyakit ringan dan seringkali dianggap sepele. Namun demikian, flu bisa menjadi awal dari penyakit yang lebih berbahaya, dan bahkan bisa berakibat fatal.


Sumber: DokterDigital 

foto: texaschildrensblog.org