Health

Obesitas memengaruhi fungsi ginjal melalui berbagai cara.
Posted on Aug 24, 2020   |   Branding
Obesitas Memicu Penyakit Ginjal Kronis

Ginjal merupakan organ sangat penting bagi manusia. Fungsi ginjal manusia yang paling utama adalah menyaring darah dan mengatur volume darah. Begitu berharganya ginjal kita sehingga harus dilindungi dan dijaga kesehatannya dengan hati-hati.  

Penyebab penyakit ginjal bermacam-macam, salah satunya adalah obesitas atau kegemukan.  Sejumlah penelitian menunjukkan kaitan antara obesitas dengan terjadinya penyakit ginjal kronik. 

“Obesitas berpotensi untuk menimbulkan gangguan kesehatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan hipertensi, dua penyakit yang merupakan faktor risiko tertinggi Penyakit Ginjal Kronik (PGK),” jelas dr. Dharmeizar, Sp. PD-KGH, Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI).

Secara umum, obesitas memengaruhi fungsi ginjal melalui berbagai cara. Obesitas berkontribusi tidak langsung dengan memperburuk hipertensi dan diabetes melitus yang diketahui sebagai faktor risiko penyakit ginjal. Di sisi lain, obesitas bisa menyebabkan kerusakan ginjal secara langsung dengan memberi beban terlalu tinggi pada ginjal selama bertahun-tahun.

Menurut statistik terbaru dari WHO, pada 2014, prevalensi obesitas di dunia telah mencapai lebih dari dua kali lipat dari tahun 1980. Sekitar 600 juta orang dewasa di dunia menderita obesitas, sementara anak-anak di bawah 5 tahun yang mempunyai berat badan berlebih dan obesitas mencapai 41 juta orang. Tingginya jumlah penderita obesitas ini menunjukkan tingginya potensi penderita Penyakit Ginjal Kronik (PGK) di masa depan.

Selain memicu  penyakit ginjal kronis, obesitas juga telah diakui menjadi faktor risiko untuk batu ginjal, dan berbagai jenis kanker seperti kanker ginjal dan lain-lain. Individu yang terkena obesitas dibandingkan dengan individu dengan berat badan yang sehat memiliki peningkatan risiko sebesar 83% untuk menderita PGK.

Salah satu langkah utama untuk menghindari Penyakit Ginjal Kronik adalah dengan mencegah obesitas dan menurunkan berat badan. Cara yang paling efektif adalah menjalani gaya hidup sehat dan menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur, banyak beraktivitas fisik, dan pola makan yang sehat. 

Membiasakan anak-anak untuk bergaya hidup sehat juga dapat membantu mencegah kelebihan berat badan yang tak terkontrol yang dapat memicu obesitas saat dewasa. (red)

Foto: usnews.com