Citybuzz

Shine & Share Home Education Community menggelar talk show dalam rangka mengampanyekan homeschooling.
Posted on Feb 22, 2017   |   Branding
Dare to be Home Schoolers

Dalam rangka kampanye tentang homeschooling sebagai alternatif pendidikan untuk anak, Shine & Share Home Education Community mengadakan Talk Show yang bertajuk Dare to be Homeschoolers sekaligus soft launching buku berjudul yang sama. Talk Show tersebut diadakan di Assembly Hall, Jakarta Convention Center pada tanggal 18 dan 19 Pebruari 2017, bekerjasama dengan SmartKidsAsia.

Selama acara yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam, para narasumber yang juga merupakan tim penulis buku “Dare to be Homeschoolers” memaparkan dengan gamblangnya seputar alasan-alasan ber-homeschooling, isu-isu seputar homeschooling, pemilihan kurikulum, juga keuntungan maupun tantangan selama menjalankan homeschooling. 

Dengan gaya yang santai namun inspiratif, para narasumber yang juga pelaku homeshooling tunggal menceritakan suka duka mereka dalam mendidik anak-anak mereka.

“Homeschooling merupakan alternatif pendidikan yang berfokus pada peserta didik atau si anak, memberi keleluasaan pada anak untuk mengeksplorasi dan belajar berbagai hal sesuai minat mereka,” demikian penjelasan ibu Novasia Evaliya, salah satu narasumber yang juga adalah co-founder Shine & Share. “Kami ingin berbagi informasi dan inspirasi”, papar ibu Natalia Ridwan, salah satu penulis buku “Dare to be Homeschoolers”, menceritakan alasan penulisan buku. “Kami menyadari bahwa banyak orangtua yang ingin menjalankan homeschooling tapi tidak punya keberanian untuk memulainya dan tidak tahu caranya”, lanjutnya.

Selain keenam penulis buku “Dare to be Homeschoolers”, empat anak yang merupakan perwakilan dari Shine & Share Home Education Community juga turut menjadi narasumber dan berbagi dengan pengunjung Talk Show tentang serunya mereka menjalankan sekolah di rumah. 

Bonita salah seorang di antaranya menuturkan bagaimana dia sangat bahagia menjalankan homeschooling yang menurut dia membuat dia jadi lebih fokus belajar dan bebas mengeksplorasi minat dan bakatnya. Sementara itu anak-anak lain yang tergabung dalam Shine & Share Home Education Community juga tampil ke atas panggung menampilkan kebolehan mereka dalam olah suara, bermain musik bahkan menciptakan komposisi musik. 

Peserta talk show yang terdiri dari para tamu undangan maupun pengunjung SmartKidsAsia Expo tersebut tampak menyimak pemaparan narasumber dan aktif bertanya jawab selama Talk Show berlangsung.

Shine & Share Home Education Community didirikan pada bulan Oktober 2016, dan diprakarsai oleh tiga orang pendirinya yaitu Novasia Evaliya, Ning Nathan dan Tirsa Umbas. Ketiga ibu pelaku homeschooling tunggal ini sepakat ingin menyuarakan kepedulian terhadap keberadaan homeschooling sebagai alternatif pendidikan yang tujuannya mendidik generasi muda yang berkontribusi positif bagi masyarakat.

Meskipun baru saja didirikan, saat ini sudah cukup banyak program yang dijalankan oleh Shine & Share antara lain program edukasi lewat talk show bekerjasama dengan beberapa penyelenggara expo, juga melalui media televisi. Selain itu Shine & Share juga memfasilitasi para remaja untuk mengorganisasi berbagai program pelayanan masyarakat. Melalui konsep kolaborasi dengan berbagai institusi dan organisasi, Shine & Share ingin memperluas wawasan maupun kesempatan belajar bagi para pelaku homeschooling. (RED)