Baby & Kids

Ternyata tak semua makanan aman dikonsumsi Si Kecil, karena pola pencernaannya yang belum maksimal terbentuk.
Posted on Sep 23, 2020   |   Branding
Jenis Makanan Ini Tak Aman untuk Anak

Tak semua makanan aman dikonsumsi Si Kecil, karena pola pencernaannya yang belum maksimal terbentuk. 

Untuk Si Kecil yang berusia 4 – 6 bulan, misalnya, tak ada makanan-minuman lain yang layak ia konsumsi selain ASI. Jadi jangan berikan makanan yang Anda anggap baik, tapi cukup berikan ASI saja. Sedangkan untuk usia 4 – 12 bulan, Anda harus menghindari Si Kecil dari madu, susu sapi serta susu kedelai – karena semua asupan tersebut belumlah sesuai dengan metabolisme tubuhnya yang belum sekompleks tubuh Anda. Madu, misalnya, bisa menimbulkan spora dalam tubuh dan pada akhirnya menjadi toksin. Sedangkan susu sapi  dan susu kedelai, keduanya mengandung mineral yang sangat banyak sehingga jika dikonsumsi akan merusak ginjal Si Kecil. 

Setelah mengenal beberapa makanan yang tak boleh dikonsumsi Si Kecil, sekarang mari kita kenali beberapa kunyahan yang harus dihindari pula. Kunyahan berbahaya itu bisa berupa:

Kunyahan Besar

Gumpalan makanan yang berukuran lebih besar dari kacang bisa tersangkut di tenggorokannya. Ya, sayur-mayur seperti wortel, seledri dan buncis harus dipotong hingga sekecil kacang. Sama halnya dengan buah-buahan yang akan dimakan, potonglah hingga bentuknya menjadi kecil.  Begitu juga dengan daging dan keju yang diberikan.

Kunyahan Kecil

Perhatikan, permen yang keras, kacang dan berondong jagung bisa menjadi kunyahan kecil yang berbahaya. Kacang-kacangan yang terlalu kecil untuk dikunyah bisa membuat Si Kecil tersedak karena mampat di tenggorokan dan membuatnya infeksi.

Kunyahan Lembut dan Lengket

Hati-hati saat Si Kecil merengek untuk mengunyah agar-agar dan permen karet. Keduanya bisa menempel di tenggorokan karena teksturnya yang lengket dan kenyal. Perhatikan juga jika Anda memberikan selai kacang – mengingat akan sangat susah ditelan karena lengket.

Pencegahan Lainnya

Hindari mengunyah makanan di mobil. Selain sulit mengawasinya saat mengunyah, kondisi jalanan seringkali tak bisa diperkirakan. Bisa saja Anda mengerem mendadak yang bisa membuatnya tersedak. (red)