Teknik Menyendawakan Bayi

Tips & Tricks - 30 Nov 2019

Pada saat menyusu, bayi sering menelan udara yang bisa membuatnya rewel. Anda bisa mencegah hal ini dengan sering-sering menyendawakan bayi.  Berikut ada beberapa cara menyendawakan bayi:


1. Menaruh di Pundak 

Gendong bayi di pundak dengan wajah menghadap ke belakang. Dengan satu tangan pegang bagian pantatnnya, sementara tangan yang lain memegang leher dan menepuk-nepuk punggungnya.

2. Posisi Setengah Duduk di Pangkuan 

Posisi bayi setengah duduk. Dada dan kepala menjorok ke depan. Sangga leher lalu tepuk-tepuk bagian lambungnya. Bayi akan sendawa. Hindari memangku bayi dengan posisi mendatar, karena menyebabkannya muntah.

3. Posisi Telungkup 

Telungkupkan bayi di pangkuan. Tepuk-tepuklah bagian punggungnya. Usahakan posisi dada lebih tinggi dari perut. Selain membuat udara di perut keluar, posisi ini bisa membuat bayi lebih rileks.

4. Metode tick tock

Metode ini akan membuat udara dari lambung bayi akan keluar melalui sendawa. Pegang bayi di bawah ketiaknya, kemudian tahan bagian kepala dan leher bayi dengan jari. Biarkan kaki bayi menjuntai atau mengayun dengan bebas.

 Pegang bayi sehingga menghadap sejajar dengan wajah Ibu, kemudian miringkan bayi dari samping ke samping dengan perlahan. Saat bayi tampak akan bersendawa, pindahkan dari hadapan muka Ibu, terutama jika sendawa bayi disertai dengan air liur. (red)

Foto: willinglife.com