Family Guide Indonesia

Tahapan Bayi Ngeces

Tips & Tricks - 06 Feb 2020

Ada anggapan yang berkembang di masyarakat bahwa bayi yang sering ngeces/ngiler/drooling adalah akibat ngidamnya sang ibu yang tidak tercapai. Anggapan ini tidak tepat, karena mengeluarkan air liur pada bayi merupakan hal yang normal. Memasuki usia 3 bulan, kelenjar liur bayi mulai aktif, namun ia belum bisa menelan air liurnya. 


Begitu bayi mulai memasukkan lebih banyak objek ke dalam mulutnya, ia akan mengeluarkan lebih banyak air liur. Bayi juga kerap ngeces selama, sebelum, dan setelah tumbuh gigi baru. Kemampuan bayi untuk mengontrol keluarnya air liur terjadi bertahap sesuai perkembangannya.


 - Usia 6 bulan: bayi akan ngeces pada posisi berbaring, terlentang, tengkurap atau duduk. Juga saat ia mulai bicara (babling), meraih, menunjuk atau tumbuh gigi.


- Usia 9 bulan: Si Kecil sudah bisa duduk atau merangkak tanpa ngeces. Pada usia ini anak akan ngeces saat makan makanan tertentu.


- Usia 15-18 bulan: anak ngeces bila melakukan gerakan halus seperti makan sendiri. 


- Usia 2 tahun: anak seharusnya tak ngeces lagi sekalipun melakukan gerakan yang sudah terampil seperti menggambar, makan sendiri atau bermain.(red)


foto: momjunction.com