Strategi Belanja Keperluan Puasa dan Lebaran

Tips & Tricks - 14 May 2019

Mengatur keuangan dengan cermat di bulan Ramadan sangat diperlukan. Kemungkinan berhemat tetap bisa dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan agar bulan puasa berjalan dengan lancar tanpa mengganggu keuangan. Salah satunya dengan belanja hemat. 

Berikut tips dan trik berbelanja keperluan Ramadan dan Lebaran:

1. Menentukan Prioritas

Prioritas belanja setiap bulan mungkin berbeda. Menjelang Hari Raya, prioritas kita biasanya belanja pakaian baru dan sebagainya. Memasuki bulan puasa, prioritas kita adalah belanja kebutuhan untuk sahur dan berbuka. Boleh saja kita membeli makanan lezat untuk sahur dan berbuka, namun jangan berlebihan. Secukupnya saja sehingga tidak terbuang percuma. Bicara prioritas berarti kita membicarakan mana yang jadi kebutuhan dan harus dibeli saat itu juga dan mana yang hanya merupakan keinginan. Kita harus bisa membedakannya. Jika kita sudah bisa membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang menjadi keinginan maka kita tidak akan bingung untuk menentukan apa yang harus kita belanjakan.

2. Memanfaatkan promo dan diskon

Memasuki bulan Ramadan, biasanya banyak toko dan supermarket yang menawarkan promo dan diskon. Jangan ragu untuk memanfaatkan promo tersebut. Belilah bahan kebutuhan seperti gula, sirup, tepung, bahan makanan seperti daging, ayam, telur dan sebagainya yang masuk dalam promo Ramadan murah. . Membeli ayam, telur dan daging dalam jumlah lebih banyak tidak masalah karena bisa disimpan dalam freezer. 

Pada bulan Ramadan dan Lebaran biasanya banyak sanak saudara yang berkunjung sehingga kita harus menyiapkan konsumsi yang cukup. Dengan membeli saat promo berlangsung maka kita akan menghemat keuangan. Namun, kita harus cermat dalam melihat promo. Potongan harga hingga 50 persen atau promo membeli 1 gratis 1 tentunya sangat menggiurkan. Pastikan tetap bijak dan cermat dalam melihat berbagai penawaran supermarket, termasuk tanggal kadaluarsa. Sebaiknya hindari promo bonus  produk yang tidak dibutuhkan.

3. Gunakan kartu anggota

Saat ini banyak supermarket yang menyediakan kartu anggota. Tentunya hal ini memberi keuntungan pada pelanggan, berupa diskon khusus, diskon program, poin atau cashback. Manfaatkan kartu anggota saat membeli kebutuhan Ramadan. 

4. Belanja dalam jumlah besar

Berbelanja dalam jumlah besar termyata bisa menghemat pengeluaran. Jika pada bulan biasa Anda terbiasa berbelanja sekali dalam seminggu, di bulan Ramadan cobalah untuk sekali berbelanja dalam jumlah besar. Dengan demikian kita tidak harus membayar ulang uang parker, mengeluarkan uang bensin dan sebagainya. Selain itu supermarket biasanya memberikan harga lebih murah pada barang yang dibeli dalam jumlah besar. 

5. Mencicil bahan makanan

Karena bahan pokok cenderung naik saat memasuki bulan puasa, Anda bisa mengakalinya dengan mencicil berbagai bahan makanan sebelum bulan puasa. Barang yang bisa dicicil membelinya adalah beras, gula, garam, tepung terigu, minyak goreng, mentega dan sebagainya. Pastikan bahan makanan tersebut disimpan dalam tempat yang baik agar kualitasnya terjaga.

6. Belanja bingkisan Lebaran

Jika Anda terbiasa memberi bingkisan Lebaran pada keluarga, ada baiknya Anda membeli bingkisan tersebut jauh-jauh hari. Sebab, semakin mendekati hari H, akan semakin tinggi harga bingkisan lebaran. Begitu juga jika ingin membeli baju lebaran. Ada baiknya manfaatkan momen diskon besar-besaran untuk mencari baju lebaran. Tapi, tetap belanja dengan bijaksana, jangan sampai kalap ya! (red)

Foto: usnews.com