Mencegah Luka Bakar di Rumah

Tips & Tricks - 13 Aug 2019

Pencegahan luka bakar adalah bagaimana Anda menjaga anak-anak dari sesuatu yang panas dan mengawasi mereka dengan cermat setiap kali ia dekat dengan sesuatu yang bisa menyebabkan luka bakar. 

Pencegahan Dasar

Si Kecil belum mengerti bahwa knalpot, setrika, aliran listrik dan uap panas bisa mengakibatkan luka bakar dan membahayakan dirinya seperti halnya api. Pengawasan orangtua adalah satu-satunya yang bisa diandalkan untuk mencegah kecelakaan yang mengakibatkan luka bakar. Sehingga, aturan keselamatan nomor satu adalah mengawasi anak terus menerus, terutama saat berada di area dapur (dekat kompor, microwave, pemanas dan peralatan lainnya).


Tips Mencegah Secara Umum

Anda bisa mencegah terjadinya luka bakar pada anak di dalam ruangan dengan menyadari risiko yang umum dan menghindarinya. Berikut pencegahan agar anak tidak terkena luka bakar: 

- Ajari anak untuk berada jauh dari dapur saat Anda sedang memasak. Jangan meninggalkan dapur tanpa pengawasan jika Anda sedang menggunakan toaster,rice cooker atau menyalakan kompor.

- Jauhkan area bermain anak dengan dapur.

- Pastikan kabel peralatan listrik  yang sedang digunakan tidak menggantung dan bisa dijangkau anak-anak.

- Gunakan kompor gas yang menggunakan pemantik dengan baterai. Jadi,pada saat Si Kecil memainkan tombol untuk menyalakannya, kompor tidak langsung menyala.

- Pada saat menggunakan panci atau wajan, selalu letakkan dengan posisi gagang menghadap ke arah tembok, bukan ke arah tempat Anda berdiri. Dengan demikian anak tidak akan mudah menjangkaunya.

- Awasi anak saat berada di dekat lilin yang menyala atau dupa.

- Tangguhkan keinginan Anda untuk mengonsumsi minuman panas/hangat saat sedang menyusui Si Kecil karena bisa saja ia tersiram air panas. Letakkan bayi Anda di boksnya, barulah Anda mengonsumsi minuman Anda. Dan pastikan Anda meletakkan cangkir di tempat yang jauh dari jangkauan anak.

- Jika kamar mandi dilengkapi pemanas air atau water heater, atur suhu pada water heater di kisaran 48 - 50 derajat Celsius, agar tidak menghasilkan air panas dengan suhu yang terlalu tinggi yang dapat mengakibatkan luka bakar pada anak. 

- Saat hendak memandikan anak dengan air hangat, pastikan suhunya aman untuk kulitnya. Sebaiknya tambahkan air dingin terlebih dulu pada bathtub/ wadah mandi anak sebelum menuangkan air panas. Ini untuk mendegah tangan anak tidak terluka saat ia mencoba menyentuh air di bathtub.

- Jauhkan anak-anak dari pipa knalpot baik mobil maupun motor. Knalpot yang dengan mudah dijangkau anak bisa menyebabkan luka bakar serius. (red)

Foto: dailyparentingbuzz.blogspot.co.id