Family Guide Indonesia

Memperkuat Penciuman Bayi

Tips & Tricks - 20 Nov 2020

Indera penciuman bagi bayi adalah alat yang penting untuk belajar mengenali ibunya. Bayi yang baru lahir belum mampu melihat. Indera penglihatan baru akan berkembang pada usia 2 bulan.

Dengan indera penciuman, bayi bisa mengenali ibunya atau berdasarkan aroma unik ASI ibunya. Aroma sang ibu pulalah yang membuat bayi tenang. Dr. BRW Indriasari, Sp.A., MSi.Med., M.Kes., dari Mayapada Hospital, Jakarta Selatan, memberitips cara sederhana untuk memperkuat indra penciuman bayi.


- Cuci tangan sebelum bersentuhan dengan bayi. Tangan yang bersih mencegah berpindahnya kuman dan bakteri ke tubuh bayi, termasuk hidungnya.

- Jaga kebersihan hidungnya. Bila ia menunjukkan gelagat tak nyaman, coba cek apakah ada benda asing di hidungnya. Waspadai juga adanya polip, yaitu selaput lendir hidung.

- Bila memiliki bakat alergi, hindarkan bayi dari sumber alergi seperti debu, AC, serangga, atau pembersih rumah.

- Jangan menempatkan aroma yang tajam di bawah lubang hidung bayi. Misalnya minyak penghangat tubuh untuk membuat napasnya lega. Bila

dilakukan terus menerus, hal ini bisa merusak sel rambut di rongga hidung. Padahal, sel rambut inilah yang berfungsi menerima rangsang penciuman. Red

foto: healthywomen.org