Membersihkan Mainan Anak

Tips & Tricks - 15 Mar 2019

Ada banyak alasan mengapa Anda harus membersihkan dan mensterilkan mainan Si Kecil. Mainan merupakan salah satu benda yang cukup sering disentuh anak dalam kesehariannya. Sebagian anak-anak usia prasekolah masih memiliki kebiasaan memasukkan mainan ke mulutnya. Rutinlah membersihkan mainan anak untuk menghindarinya dari bakteri dan virus yang bisa membuat sakit. Berikut tips membersihkan mainan anak:

1. Mainan berbahan kain

Untuk mensterilkan mainan berbahan kain, tempatkan mereka dalam kantung plastik dan bekukan selama 24 jam untuk membunuh tungau. Sebagian besar mainan berbahan kain  bisa dibersihkan dengan menggunakan mesin cuci jika mainan terbuat dari katun atau campuran polyester. Untuk mainan yang bernoda, taburi atau oleskan bagian yang bernoda dengan baking soda sebelum dimasukkan ke mesin cuci.

2. Mainan plastik

Mainan yang terbuat dari plastik dapat disterilkan dengan mudah. Caranya sebagai berikut:

Masukkan mainan plastik ke dalam ember yang telah diisi air dan  beberapa sendok cairan khusus pembersih botol susu. Rendam mainan selama 3 jam. 

Cara lain adalah dengan menggunakan cuka dan air (perbandingan 1:1) lalu masukkan ke dalam botol semprot. Saat Si Kecil bermain di luar dan menjatuhkan mainannya ke tanah, Anda hanya tinggal menyemprot pada bagian kotor dan tunggu selama 15 menit sebelum mengeringkannya dengan lap bersih. 

3. Mainan untuk tumbuh gigi

Untuk membersihkan teething toy, masukkan mainan ke dalam panci air mendidih selama 10 menit, angkat dan biarkan dingin. Jika Anda tidak sempat merebus air, bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih botol susu dan air yang sangat panas. 

4. Mainan dengan baterai

Mainan yang digerakkan baterai harus dibersihkan sesuai petunjuk penggunaan. Jika tidak bisa dicuci, bersihkan mainan dengan lap dan disinfektan. (red)

foto: todaysparent.com