Membawa Anak ke Tempat Kerja, Ada Etikanya Lho!

Tips & Tricks - 02 Sep 2019

Membawa anak ke tempat kerja memang bukan hal yang ideal. Tetapi, jika suatu saat Anda terpaksa harus membawa Si Kecil ke kantor, perhatikan hal-hal berikut ini!

Ada masanya ketika Anda tidak punya pilihan selain mengajak anak ke tempat kerja. Ketika baby-sitter Anda ijin tidak masuk kerja, dan Anda tidak punya pilihan selain membawanya ke kantor. Membawa anak ke kantor memang bukan masalah mudah. Kehadiran anak bisa dianggap mengurangi produktivitas orangtuanya. Selain itu ada juga yang menganggap dapat  mengacaukan konsentrasi karyawan lain. 

Tapi, ketika Anda tidak punya pilihan selain membawa anak ke kantor,  jangan merasa terbebani. Anda bisa tetap bekerja dengan maksimal meskipun ada Si Kecil di dekat Anda.

Berikut ini sejumlah hal yang harus Anda ketahui tentang anak-anak di tempat kerja. 

Beri informasi pada atasan. Jangan pernah membawa anak ke kantor tanpa pemberitahuan terlebih dulu. Telepon atau e-mail atasan Anda untuk mendapatkan persetujuannya. 

Usahakan agar waktu anak di kantor lebih singkat. Pekerjaan Anda mungkin akan sedikit terbengkalai karena kehadiran Si kecil di dekat Anda. Jika memungkinkan, hubungi pasangan, atau orangtua Anda agar menjemput Si Kecil pulang, agar Anda bisa lebih fokus pada pekerjaan. 

Bawa mainan atau hiburan yang tidak berisik atau diam. Pintar-pintarlah memilih mainan Si Kecil untuk dibawa ke kantor.  Hindari mainan yang memperdengarkan bunyi berisik, seperti mobil-mobilan, alat musik dan sebagainya agar tidak mengganggu rekan kerja. Mainan dan hiburan yang tenang adalah pilihan terbaik agar Si Kecil bisa menghabiskan waktu di kantor Anda. Pilihannya bisa berupa buku menggambar dan mewarnai, krayon, serta puzzle. 

Jangan meminta rekan kerja Anda untuk mengawasi Si Kecil. Mereka mungkin bersedia, tetapi itu tidak akan lama. Lagipula, rekan kerja Anda ingin fokus dengan pekerjaan mereka. 

Bawa bekal favoritnya. Kadang, anak yang bosan dan rewel bisa dialihkan perhatiannya dengan menyodorkan makanan favoritnya. Bawa snack termasuk buah kesukaannya. 

Jika ruang kerja Anda memiliki pintu, sebaiknya tutup rapat pintu tersebut untuk mengurangi suara berisik yang ditimbulkan Si Kecil. Karena, Anda mungkin terbiasa dengan itu dan bisa konsentrasi bekerja, tetapi tidak dengan rekan kerja Anda. (red)