Family Guide Indonesia

Kenali Tradisi Imlek Di Berbagai Negara

Tips & Tricks - 24 Jan 2020

Seperti hari penting lainnya, perayaan Imlek selalu dipenuhi dengan berbagai kemeriahan. Nah bagaimana kemeriahan dan keunikan perayaan Tahun Baru Lunar ini di belahan bumi lainnya?   


China

Di negeri asalnya, perayaan Imlek menjadi tradisi pulang kampung, karena pemerintahnya menetapkan libur Imlek selama seminggu. Namun uniknya beberapa perusahaan memungkinkan karyawan mereka untuk mengambil libur 15 sampai 30 hari. Imlek digunakan bukan untuk tradisi ritual saja, namun menjadi cara bagi anggota keluarga yang jauh untuk berkumpul.

 

Malaysia

Negeri multi etnik ini mengizinkan Tahun Baru China sebagai hari libur nasional. Jalanan di Kuala Lumpur  biasanya mendadak sepi karena ditinggal mudik sebagian warganya. Keluarga yang merayakan Imlek biasanya mengadakan makan malam bersama keluarga besar. Menurut tradisi, pasangan yang menikah akan berkumpul di pihak keluarga suami. Berkaitan dengan multi ras ini, warga Malaysia yang merayakan Imlek mengadakan open house bagi mereka yang berasal dari etnis lain. Hal ini juga berlaku saat perayaan hari raya lain, seperti Idul Fitri dan Diwali.

 

Singapura

Di Singapura, perayaan Imlek terdiri dari berbagai event. China Town Street Light Up di warnai dengan pertunjukan barongsai, fire-eaters dan rombongan penari wanita, dilengkapi kipas kertas dan payung hias berpawai di sepanjang jalan. Selain itu perayaan inti disebut Chinghay Parade, diisi dengan karnaval megah yang digelar di Singapore Formula One Pit Building yang berada di pantai Marina. Selanjutnya ada event River Hongbao yang diisi dengan lively street performances, tempat bermain dan belanja serta pertunjukan lampion dan kembang api. Untuk diketahui, event tersebut merupakan event favorit dalam perayaan Imlek di Singapura.

 

Indonesia

Perayaan Imlek di tanah air tersebar di berbagai kota dengan keunikannya masing-masing. Di Semarang, salah satunya digelar di Klenteng Sam Poo Kong yang merupakan klenteng terbesar di Semarang. Puncak perayaan Imlek di klenteng ini digelar tepat pada tengah malam dengan mempertontonkan pertunjukkan barongsai, wushu, hingga wayang potehi yang merupakan wayang golek khas Tionghoa. Di Palembang, salah satu tempat pusat perayaan Imlek adalah Klenteng Tri Dharma Chandra Nadi (Soei Goeat Kiong) atau yang lebih dikenal sebagai Klenteng Dewi Kwan Im.

 

Taiwan

Perayaan Imlek di Taiwan diisi dengan kegiatan sembahyang yang disebut Chiang Tou Hsiang, Tien Kuang, Ming Teng, An Tai Suei yang diselenggarakan diseluruh kuil Taiwan. Kuil-kuil di Taiwan di buat Spring Ox  dari kertas yang dipercaya akan membawa keberuntungan jika disentuh. Selain itu, akan dibuat jembatan simbol keberuntungan yang disebut Ci Sing Ping An Bridge yang akan dilalui para pendoa. Inti dari semua doa itu adalah permohonan untuk keberuntungan.

 

Jepang

Perayaan Imlek di Jepang tidak jauh berbeda dengan perayaan yang dilakukan dua negara tetangganya, China dan Korea. Pada hari pertama di tahun yang baru, orang Jepang  mengunjungi kuil di lingkungan mereka untuk berdoa memohon segala keinginan mereka. Selain itu di Jepang juga merayakan tahun baru Imlek ini dengan sup kue beras dan makanan-makanan lainnya.


Hong Kong

Bagi masyarakat Hong Kong, perayaan Imlek diisi dengan kegiatan bersih-bersih rumah. Selain itu ada kebiasaanuntuk tidak membuang sampah di hari pertama karena dianggap dapat membuang rejeki yang ada di rumah. Selain itu tradisi memberikan Angpao atau di Hong Kong lebih dikenal dengan Laisee (amplop merah berisi uang) dan biasanya diberikan oleh orang yang sudah menikah pada yang belum menikah atau bos kepada karyawannya. Jumlah uang Laisee ini harus genap dan tidak mengandung angka 4 (contoh: 10$, 20$, hindari 40$ dan $14).

 

Amerika Serikat

Di negeri Paman Sam ini, perayaan Imlek paling meriah biasanya diselenggarakan di Kota San Fransisco. Acara Imlek biasanya diisi dengan lomba lari marathon 10 kilo meter yang rutenya melewati daerah Pecinan. Selain itu ada pawai yang menampilkan kelompok tari, band, barongsai, opera dan atraksi lainnya. Selain itu bunga, buah-buahan dan permen merupakan hal paling menonjol dalam perayaan Imlek di Amerika. Perayaan Imlek di San Fransisco bahkan digelar selama dua minggu dan ini adalah yang terbesar di luar Asia. Itu sebabnya tak heran kalau San Fransisco memiliki Pecinan terbesar di dunia.


Kebiasaan Yang Dilakukan Saat Imlek

 

Makan Yi Shang

Yi Shang menjadi hidangan yang biasa disantap saat perayaan Imlek. Yi Shang terdiri dari ikan salmon, ubur-ubur, wortel, jahe, lobak, kacang tanah, minyak wijen, pangsit, manisan pala, bawang bombay dan aneka bahan lainnya. Konon memakan Yi Shang ini membawa peruntungan bagi keluarga.

 

Nonton Wayang Potehi

Wayang Potehi ini terbuat dari kain seperti boneka dengan lubang di bagian bawah. Tangan dalang akan masuk ke bagian bawah ini untuk menggerakan wayang. Seni Wayang Potehi merupakan pertunjukkan khas Tionghoa yang sudah berusia ribuan tahun.

 

Pernak Pernik

Saat Imlek, ada beragam pernak-pernik sampai penganan khas yang muncul hanya saat Imlek. Sebut saja seperti kue keranjang, lilin merah ukuran besar yang biasa digunakan untuk beribadah, hio atau dupa, sampai lampion.

 

Jalan-jalan di Pecinan

Pecinan, di kota manapun di Indonesia, menawarkan wisata sejarah yang menarik. Mulai dari kelenteng-kelenteng kuno yang mencerminkan bagaimana perjuangan orang Tionghoa saat pertama kali datang ke Indonesia, hingga rumah-rumah juragan kaya etnis Tionghoa.

 

Foto dengan Baju Cheongsam

Baju tradisional China ini biasanya dikenakan saat hari Imlek tiba, dan tidak salah kalau kita mengabadikannya dengan berfoto ala Cheongsam bersama keluarga besar. 

(DL)