Family Guide Indonesia

Cara Seru Membujuk Si Malas Mandi

Tips & Tricks - 14 Feb 2020

Saat waktu mandi datang, Si Kecil mulai kucing-kucingan. Susah dibujuk, menangis dan menolak untuk mandi. Situasi ini pastinya akrab bagi para ibu. Ya, ada anak yang tidak suka mandi. Mereka sepertinya lebih suka berkeringat, kotor dan bau sepanjang hari ketimbang menyabuni badan mereka walau hanya beberapa menit.

 Trik berikut ini bisa membuat acara mandi anak menjadi menyenangkan, sehingga Anda tak perlu repot lagi membujuknya saat waktu mandi tiba. 

1. Jadwal mandi

Idealnya, anak mandi pada jam yang sama setiap hari, namun jika ia tidak mandi di jam-jam mandi pada umumnya, biarkan ia memilih jam mandinya sendiri. Misalnya, tak ingin mandi pagi karena masih ngantuk, atau tidak mau mandi sore hari karena  masih asik bermain dengan temannya. 

2. Awali dengan bermain.

Ambil mainan Si Kecil lalu pura-pura kotori mainan tersebut dengan cat air. Kemudian minta buah hati Anda membersihkannya di bak mandi. Setelah itu, katakan padanya bahwa ia juga harus mandi seperti mainannya. 

3. Ijinkan anak membawa mainan

BiarkanSi Kecil membawa mainan favoritnya saat mandi. Tapi, sebaiknya, mainan anti air saja, ya. Mandi sambil bermain akan menunjukkan pada anak kalau mandi bisa menjadi rutinitas yang seru.

4. Mandi sambil belajar seni

Watercolors dan cat yang bisa dicuci merupakan perlengkapan mandi yang keren untuk anak. Si Kecil  bisa melukis di dinding kamar mandi dengan gambar yang penuh warna. Ini adalah aktivitas yang menyenangkan.

5. Berenang di kamar mandi

Kacamata renang, snorkel dan floaters adalah alat yang hebat untuk digunakan saat Anda membujuk Si Kecil untuk mandi. Ia  bisa berpura-pura sedang bermain di pantai atau kolam renang. 

6. Berikan penghargaan

Jika Si Kecil mau diajak mandi tanpa rewel, berikan hadiah padanya. Bisa berupa makanan, permainan dan sebagainya. Gunakan trik ini sebagai upaya terakhir ya, bu! (red)

Foto: poetreeinbloom.com