Agar Tak Kehilangan Anak di Tempat Keramaian

Tips & Tricks - 01 Nov 2019

Kita sering mendengar kabar atau menonton berita tentang kasus anak yang terpisah dari orangtuanya di tempat keramaian, seperti mal, kebun binatang, taman hiburan dan sebagainya. 

Tentu, kehilangan buah hati di tempat ramai adalah pengalaman buruk yang tak pernah diinginkan oleh orangtua. Saat Si Kecil tidak terlihat di sekitar Anda, rasa takut akan meningkat dalam diri orangtua. Anda pun bertanya-tanya ke mana harus mencari anak terlebih dulu. Anda mungkin membayangkan hal buruk yang akan menimpa buah hati Anda. 

Nah, agar hal ini tidak terjadi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan setiap orang tua.  

1. Pakaikan anak baju dengan warna cerah dan mencolok. Jangan kenakan pakaian yang umum dikenakan orang lain. Pastikan Anda menghafal apa yang dikenakan Si Kecil saat itu. Sebelum pergi, foto anak dengan penampilannya saat itu. Hal ini untuk berjaga-jaga jika anak terpisah dan Anda bisa menunjukkan pada orang lain saat bertanya tentang keberadaan anak.

2. Membuat rencana sebelum pergi. Pastikan anak Anda tahu apa yang harus ia lakukan jika terpisah dari orangtua atau saudaranya. Misalnya menunggu di tempat tertentu, mencari pihak security dan sebagainya. 

3. Pastikan anak memiliki nomor telepon Anda dan menghapal data penting seperti nama lengkap orangtua. 

4. Usahakan agar anak tidak lepas dari pengawasan orangtua. Usahakan jarak dan posisi anak tetap terjangkau oleh pandangan kita. Jika anak menjauh maka kitalah yang harus menjaga jarak aman. 

5. Ajarkan anak cara meminta bantuan jika ia terpisah dari keluarganya. Anda bisa kenalkan dengan orang-orang yang bisa dipercaya di mal dan tempat rekreasi, seperti satpam yang menggunakan seragam khusus. (red)

Foto: hellodoctor.co.za