Family Guide Indonesia

6 Cara Menghentikan Kebiasaan Ngempeng

Tips & Tricks - 14 Feb 2020

Buah hati Anda sampai sekarang masih tergantung pada empengnya, padahal sudah saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut? Jangan khawatir, bu. Ada beberapa cara agar anak menghentikan kebiasaan ngempeng. Anda bisa mencobanya pada Si Kecil. 

1. Tukar empeng dengan mainan kesukaan anak. Bawa Si Kecil ke toko mainan dan minta dia untuk menukar empengnya dengan mainan yang disuka. 

2. Potong ujung dot atau empeng. Jika Anda memotong ujungnya, Si Kecil tidak akan bisa mengisapnya. Hal ini akan membuat anak kehilangan minat terhadap empengnya. Katakan bahwa empeng miliknya rusak dan harus dibuang. Jika masih tidak berhasil juga, potong sedikit lagi sampai tidak ada yang bisa diisap. Lalu, ia akan membuang sendiri empengnya.

3. Tukar empeng miliknya dengan sesuatu yang bisa membuatnya merasa aman dan nyaman. Agar Si Kecil bisa melupakan empengnya, ganti dengan sesuatu yang bisa ia pakai dan membuatnya merasa aman, seperti selimut lembut, boneka kain dan sebagainya. Awalnya, ia mungkin menangis karena kehilangan empengnya. Tapi kehangatan dan perasaan aman yang ia dapatkan dari selimut dan bonekanya akan segera membuatnya lupa pada empeng.

4. Hilangkan saja empengnya. Yakinkan pada anak bahwa empengnya hilang dan Anda sudah mencarinya ke seluruh rumah namun tidak menemukannya. 

5. Batasi penggunaan empeng secara bertahap. Misalnya, hanya ngempeng saat di rumah pada waktu nonton teve. Selain dari itu empeng tidak diberikan. Hilangkan juga kebiasaan ngempeng di malam hari saat hendak tidur. Anda bisa memujinya dengan mengatakan, “Anak pintar malam ini tidur tidak pakai empeng ya.”

6. Menghentikan secara tegas

Untuk cara ini Anda harus tega jika buah hati Anda menangis atau sulit tidur di awal-awal menghentikan kebiasaan ngempeng. Namun setelah beberapa hari berikutnya, ia sudah mulai bisa menghentikan kebiasaan ngempengnya. (red)

Foto: media.salon.com