Tetap Segar dan Aman di Lemari Pendingin

Tips & Tricks - 20 Sep 2019

Penggunaan lemari pendingin saat ini sudah menjadi kebutuhan primer dalam rumah tangga. Boleh dibilang lemari pendingin adalah ‘pahlawan” di dapur Anda. Dengan lemari pendingin, Anda  dapat membeli makanan ekonomis dengan jumlah besar, seperti daging, ikan, roti, sayuran, buah-buahan,  susu dan menyetoknya hingga waktu yang dibutuhkan.

 Lemari pendingin juga digunakan untuk menyimpan makanan atau sisa makanan untuk dikonsumsi di lain waktu. Untuk keamanan, kesehatan dan mempertahankan rasa maksimal dari bahan makanan yang kita simpan di dalam freezer lemari pendingin, berikut tips yang harus diperhatikan: 

1. Perhatikan Suhu Makanan

Untuk mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya, jangan pernah memasukkan makanan panas ke dalam lemari es. Dinginkan terlebih dulu hingga suhu ruang, baru dimasukkan ke dalam lemari pendingin.


2. Bungkus dengan Benar

Kemasan sangat penting ketika kita menyimpan makanan di freezer. Kemasan yang paling baik adalah yang betul-betul rapat dan kedap udara. Sekarang ini di pasaran banyak dijual wadah plastik atau kantong plastik khusus untuk menyimpan bahan makanan di freezer. Jangan membungkus bahan makanan yang memiliki kadar asam seperti tomat, jeruk dan sawi dengan aluminium foil karena reasinya  dapat mempengaruhi rasa. Berikut panduan membungkus makanan:

- Roti: Anda bisa menyimpan roti di dalam freezer dalam kemasan plastik, atau plastik kedap udara. 

- Sayuran yang dimasak atau sop: Simpan dalam wadah yang  kedap udara.

- Sayuran segar: Gunakan plastic zip bag untuk menyimpan sayuran segar di freezer.

- Daging: Bungkus daging dengan rapat, pertaa gunakan kantong plastik khusus freezer, kemudian bungkus kembali dengan aluminium foil atau freezer paper.


3. Pilih Lokasi yang Tepat

Letakkan daging mentah di rak paling bawah karena itu lokasi yang paling dingin. Untuk ikan dan seafood, sebelum disimpan, bersihkan terlebih dahulu dengan mengeluarkan insang dan isi perut. Kemudian bungkus dalam kantong plastik dan letakkan di freezer. Bagian pintu paling baik untuk menyimpan jus buah, atau bahan makanan yang lebih kecil, seperti buah-buahan beku. 


4. Beri Label 

Meskipun Anda tidak akan menyimpan bahan makanan lama-lama, tapi ada baiknya memberi label atau tanda untuk menginformasikan tanggal pembelian, tanggal kadaluarsa dan jenis bahan makanan. 


5. Defrosting yang Aman

Jika Anda ingin mencairkan makanan beku dengan aman atau melakukan defrosting, jangan melakukannya di ruangan. Tetapi lakukan di dalam refrigerator, dalam air dingin atau microwave. 


6. Batasi Waktu Penyimpanan

Untuk keamanan dan menjaga rasa, makanan sebaiknya tidak disimpan dalam waktu lama atau tanpa batas. Berikut rekomendasi untuk waktu penyimpanan bahan makanan di freezer dari Universitas Nebraska:

- Daging seperti meatloaf, bakso, ham, kalkun, ayam, ikan bisa disimpan satu hingga tiga bulan.

- Makanan kombinasi seperti spageti, lasagna, sup, lama penyimpanan bisa mencapai 3 bulan.

- Roti dan cake lama penyimpanan tiga hingga 6 bulan. (red)