Menyiapkan Pesta Ultah Anak, Gak Pakai Ribet!

Tips & Tricks - 10 Sep 2019

Meski kesannya sepele, namun menyiapkan pesta untuk anak perlu strategi dan persiapan yang matang, lho! Bahkan lebih rumit dibanding menyiapkan pesta untuk orang dewasa. Namun, demi membahagiakan buah hati tercinta, tidak ada salahnya Anda mewujudkan keinginannya untuk merayakan ulang tahun. Jika Anda memutuskan untuk turun tangan sendiri mengurus segala sesuatunya, berikut tips menyiapkan pesta ulang tahun yang meriah dan berkesan bagi anak dan para tamu ciliknya. 

1. Pemilihan Waktu

Usahakan pesta ulang tahun anak berlangsung di hari libur. Jika hari lahir anak jatuh pada hari Senin, sebaiknya diundur ke hari libur Sabtu atau Minggu. Pertimbangan menyelenggarakan ultah di hari libur agar tamu yang datang lebih banyak yang hadir.  Tentukan juga waktunya.  Jangan terlalu pagi atau terlalu sore. Sebaiknya jam 11 siang atau jam 4 sore. Jangan terlalu lama (lebih dari 3 jam), karena anak-anak mudah bosan dan kelelahan.

2. Menentukan Tema

Agar lebih meriah, tentukan tema pesta ultah anak Anda. Tema juga dapat menentukan keseluruhan pestanya, termasuk menentukan dekorasi, bingkisan atau goodie bag, cake ulang tahun dan sebagainya. Macam-macam tema bisa Anda pilih, misalnya tema negeri dongeng  untuk anak perempuan, atau tema superhero atau karakter kartun favorit lainnya untuk anak laki-laki.  Pesta Kebun juga sering dipakai sebagai tema ulang tahun anak-anak. 

3. Makanan

Salah satu komponen yang paling penting ketika menyiapkan sebuah pesta ulang tahun anak adalah makanan yang disajikan. 

Disamping makanan utama, sajikan juga berbagai variasi makanan ringan, seperti kue, biskuit, permen atau cokelat dan buah-buahan.

Cari tahu apakah ada tamu undangan yang memiliki alergi makanan tertentu. Sehingga dapat mencegah insiden anak menjadi sakit karena mengonsumsi makanan pemicu alergi.

Sajikan makanan yang aman dikonsumsi anak, yang tidak mengandung zat pewarna, penyedap dan pengawet. Jangan memberi makanan yang pedas dan terlalu banyak bumbu.

4. Permainan (Games)

Komponen yang tidak kalah penting lainnya adalah permainan. Pesta ultah tidak akan seru tanpa adanya game atau permainan. Cara terbaik menghibur sekelompok anak-anak adalah dengan aktivitas permainan yang sudah direncanakan sebelumnya.  Sesuaikan jenis permainan dengan umur anak. Beberapa contoh permainan antara lain: meniru gerakan dan suara hewan, permainan berebut kursi, meniup bubble dan membuat topeng kertas, menggambar dan sebagainya.

5. Souvenir

Agar ulang tahun anak lebih berkesan, berikan souvenir atau goodie bag di akhir acara. Bisa berupa aneka snack yang dibungkus dengan plastik warna-warni, bisa juga berupa mainan seperti boneka mungil dan sebagainya.  Have a Great Party! (red)

Foto: think360studio.com