Family Guide Indonesia

Wajib Tahu Hal Ini Jika Anda Hamil di Atas 35 Tahun

Maternity - 16 Nov 2020

Apakah Anda sedang mencoba hamil di atas usia 35 tahun? Berikut sejumlah hal yang harus Anda ketahui tentang kehamilan di usia 35 tahun ke atas.

1. Hamil di atas 35 tahun bukan hal mustahil. Menurunnya kualitas sel telur secara perlahan ketika seorang perempuan memasuki usia 30 tahun, menjadikan kesulitan hamil sebagai hambatan besar bagi wanita berusia 35 tahun atau lebih. Tapi, tidak berarti wanita usia 35 tahun ke atas tidak bisa hamil. Masalah kesuburan dan metabolisme pada setiap tubuh perempuan berbeda-beda, jadi Anda bisa tetap berusaha untuk hamil.

2. Bila sampai 6 bulan belum ada tanda-tanda kehamilan, konsultasikan kondisi ini dengan dokter kandungan. Karena usia sangat penting bagi wanita untuk hamil. Lakukan tes kesuburan setelah 6 bulan mencoba namun tak kunjung hamil. Jika ternyata masalah kesuburan ditemukan, akan lebih cepat untuk mengobatinya.

3. Risiko kesehatan yang mungkin Anda alami apa bila berhasil hamil di atas 35 tahun antara lain: diabetes gestational, pre-eklampsia, tekanan darah tinggi, plasenta previa dan sebagainya.

4. Bayi yang tidak normal. Pembelahan sel telur yang abnormal, disebut nondisjunction, menyebabkan kemungkinan memiliki anak dengan cacat lahir atau kondisi akibat kelainan kromosom seperti sindrom Down, akan meningkat seiring pertambahan usia wanita. Sekitar 1 dari 200 bayi yang lahir dari ibu berusia 40 tahunan atau lebih, mengidap sindrom Down.

5. Risiko keguguran. Risiko keguguran pada usia kehamilan sebelum 4 bulan atau bayi meninggal di dalam kandungan meningkat sekitar 10 persen pada wanita berusia 35 tahun ke atas dibandingkan dengan mereka yang hamil pada usia 20-an. Keguguran umumnya disebabkan oleh masalah pada kromosom atau genetika janin.

6. Bayi lahir prematur atau berat badan kurang dari normal. Wanita yang melahirkan setelah usia 35 tahun lebih berisiko melahirkan bayi preamtur atau bayi lahir dengan berat badan kurang dari yang direkomendasikan. - red

foto: romper.com