Sedang Merencanakan Kehamilan? Minum Asam Folat

Maternity - 11 Aug 2019


Asam folat (dikenal dengan folat atau folacin) adalah vitamin B9. Asam folat adalah nutrisi penting di awal kehamilan untuk perkembangan sistem saraf utama otak dan tulang belakang janin.

 Asam folat membantu perkembangan neural tube dengan baik selama kehamilan dan terbukti mengurangi  risiko janin mengembangkan masalah otak dan sumsum tulang belakang yang serius, misalnya cacat tabung saraf atau neural tube defects (NTDs). 

NTDs mencakup  kondisi yang disebut anensefali (pertumbuhan tengkorak kepala dan otak tak sempurna), spina bifida (sumbing tulang belakang, yakni celah pada tulang belakang karena beberapa ruas tulang gagal bertaut), serta ensefalokel. 

Asam folat juga mengurangi risiko lainnya pada bayi baru lahir  terkena cacat jantung dan cacat saluran kemih. Karena tabung saraf berkembang di awal kehamilan, kita mungkin tidak sadar tengah hamil. Itu sebabnya mengapa kita sebaiknya mengonsumsi asam folat segera setelah memutuskan untuk punya anak. 


Berapa banyak kebutuhan asam folat?

Makanan yang kaya asam folat adalah biji-bijian, sayuran hijau (bayam, brokoli), daging (hati) dan kacang-kacangan (lentil, kacang merah). Meskipun terkandung dalam sejumlah makanan tersebut, namun akan sulit untuk mendapatkan asam folat yang cukup hanya dalam menu diet saja. 

Kebanyakan wanita yang sehat harus melengkapi diet mereka dengan 0,4 mg (400 mikrogram) asam folat setiap hari. Biasanya, didapat dalam konsumsi multivitamin harian. 

Beberapa wanita mungkin membutuhkan suplemen harian yang lebih tinggi hingga 4 mg asam folat. Mereka adalah wanita yang :

- Memiliki riwayat keluarga menderita NTDs (saudara, sepupu, orangtua).

- Memiliki diabetes, epilepsi, penyakit hati lanjut atau penyakit inflamasi usus.

- Pernah operasi bypass lambung.

- Memiliki riwayat penggunaan alkohol secara berlebihan.

- Memiliki bayi dengan NTDs.


Jika kita telah hamil, tetaplah mengonsumsi multivitamin dengan asam folat selama kehamilan. (red)

Foto: reference.com