Milestone Menyusui

Maternity - 16 Jul 2019


Menyusui sepanjang tahun pertama mencakup banyak milestone penting. Apa saja?

Minggu Pertama

Perlekatan

Selama minggu pertama sejak Si Kecil dilahirkan, fokuslah pada perlekatan bayi, apakah sudah benar atau belum. Hal ini tidak hanya membantu mengurangi masalah nyeri puting, tetapi juga memastikan tubuh Anda mendapatkan sinyal untuk memproduksi lebih banyak lagi ASI. 


2 Minggu – 2 Bulan

Menjaga Keseimbangan Pasokan dan Permintaan

Banyak perubahan terjadi pada beberapa bulan pertama. Rutinitas menyusui sudah mulai bisa diprediski. Jam tidur mala ibu juga sudah mulai lebih panjang. Seiring dengan perubahan tersebut, bersiaplah menghadapi ledakan pertumbuhan bayi  atau growth spurt yang pastinya akan menyebabkan permintaan ASI meningkat. 


4 – 6 Bulan

Mempersiapkan yang Pertama

Terutama makanan pertama (MPASI) dan gigi pertama. American Academy of Pediatrics merekomendasikan pemberian ASI sebagai satu-satunya sumber gizi bagi bayi Anda selama sekitar 6 bulan. Saat Si Kecil mulai mengonsumsi makanan padat, Anda sebaiknya tetap menyusui, setidaknnya hingga usia anak 12 bulan. Makanan padat bisa diberikan dengan mencampur ASI. Setelah anak berusia 12 bulan, Anda masih dapat terus menyusui jika Si Kecil masih menginginkannya. Konsultasikan dengan dokter anak tentang pemberian vitamin D dan suplemen zat besi selama tahun pertama.


9 Bulan

Perhatian Bayi Teralihkan

Bayi berusia 9 bulan umumnya sangat ingin tahu. Dengan ketertarikan terhadap dunia di sekitarnya, Si Kecil mungkin lebih mudah teralihkan dan tampaknya tidak tertarik untuk menyusui. Jangan biarkan hal ini mengecilkan hati Anda, tapi anggap saja kondisi tersebut bersifat sementara waktu dan mengharuskan Anda untuk lebih berdedikasi lagi dalam menyusui Si Kecil, dan mencari tempat tenang tanpa gangguan saat menyusuinya. red

Foto: loveanddribble.com