Mengatasi Lelah, Panas dan Pingsan Selama Kehamilan

Maternity - 30 Oct 2019

Lelah dan merasa kegerahan (panas) biasa terjadi selama kehamilan. Banyak ibu hamil yang juga merasa lemas dan pingsan. Hal ini disebabkan perubahan hormon.

Lemas dan pingsan

Wanita hamil sering merasa lemas, disebabkan perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuh selama kehamilan. Pingsan terjadi jika otak tidak mendapatkan cukup darah sehingga otak tidak mendapat cukup oksigen. Kadar oksigen yang terlalu rendah dapat menyebabkan pingsan. Kemungkinan besar wanita hamil merasa berkunang-kunang jika berdiri telalu cepat dari posisi duduk atau tidur. Juga bisa terjadi saat ibu hamil baring telentang.

Tips untuk mengatasinya: 

- Cobalah bangun dengan perlahan setelah duduk atau berbaring.

- Jika Anda merasa lemas saat berdiri, segera temukan kursi dan duduk hingga rasa ingin pingsan reda. Jika masih lemas, sebaiknya rebahkan tubuh.

Panas (kegerahan)

Saat hamil Anda mungkin merasa tubuh lebih hangat dari biasanya. Ini disebabkan perubahan hormonal dan meningkatnya pasokan darah ke kulit. Anda juga cenderung berkeringat lebih banyak. Akan membantu jika:

- Mengenakan pakaian longgar yang terbuat dari bahan serat alami (katun misalnya) sehingga lebih menyerap keringat, ketimbang serat sintetis.

- Menjaga suhu ruangan tetap dingin (menggunakan AC atau kipas angin).

- Mandi atau membasuh wajah lebih sering agar Anda merasa lebih segar.

Kelelahan dan tidur

Lumrah bila ibu hamil sering merasa lelah dan capek, terutama pada 12 minggu pertama atau lebih kehamilan. Perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh membuat ibu hamil merasa lelah, mual dan emosional. Satu-satunya solusi untuk masalah ini adalah istirahat dengan cukup. Jaga kesehatan fisik Anda dengan makanan sehat serta banyak istirahat dan tidur. (Red)

Foto: ovarian-cyst-miracle-101.blogspot.co.id