Me Time Pasca Melahirkan

Maternity - 30 Nov 2019

Setelah melahirkan si buah hati, semua ibu berisiko mengalami depresi pasca melahirkan. Namun risiko itu bisa dihindari dengan memiliki "me time" secara teratur di enam bulan pertama setelah melahirkan.

Demikian hasil studi pada 1.500 yang dilakukan tim Murdoch Children Research Institute, Australia. Dilaporkan bahwa gejala depresi terus menurun seiring meningkatnya frekuensi "me time" pada ibu.

Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan sebagai bentuk "me time" antara lain: pergi bersama suami, mandi lebih lama, pergi ke salon atau berbelanja, yoga atau bersantai sambil menonton TV. Hasil pengamatan juga menunjukkan hanya di bawah 50% wanita yang memiliki "me time" satu kali dalam seminggu.

Sedangkan, satu dari enam wanita melaporkan tidak pernah punya waktu sama sekali, karena harus menjaga bayinya sendiri. Peran dan dukungan keluarga serta pasangan sangat diperlukan dalam mencegah terjadinya depresi pasca melahirkan. Tak ada salahnya bergantian menjaga si bayi sehingga ibu bisa memiliki "me time". Dengan adanya bantuan mengasuh bayi sementara, akan berdampak positif bagi mental ibu, bayi, juga anggota keluarga yang lain. (red)