Mau ASI Lancar Seperti air keran? Ini Solusinya...

Maternity - 09 Oct 2019

Ibu-ibu yang menyusui pasti sudah paham khasiat daun katuk. Ternyata, selain daun katuk, masih ada jenis sayuran lain yang bisa membuat produksi ASI melimpah.

1. Bayam 

Bayam hijau dan merah kaya akan zat besi, kalsium dan asam folat yang sangat berguna untuk mengembalikan kondisi ibu yang terserang anemia, serta membantu membangun sistem kekebalan tubuh bayi. Bayam juga mengandung bahan kimia alami yang bisa membantu mencegah ibu terserang kanker payudara.

2. Asparagus

Asparagus merupakan makanan tinggi serat dan tinggi vitamin, seperti vitamin A dan K. Kandungan nutrisinya membantu merangsang hormon penting pada ibu menyusui yang memperlancar keluarnya ASI.

3. Pepaya

Bukan hanya daunnya saja, buah dan bunga pepaya kaya akan vitamin A dan C. Buah pepaya baik untuk memenuhi kebutuhan kalium di masa menyusui. Kekurangan kalium bisa menyebabkan perubahaan suasana hati, yang berujung pada depresi. Bila depresi, maka ASI akan sulit keluar. 

4. Edamame

Biasa dikenal sebagai kacang Jepang, edamame merupakan sumber protein nabati yang juga mengandung vitamin K, mangan, asam folat, vitamin C, riboflavin, zat besi, magnesium, fosfor, dan kalium. Ibu menyusui yang kekurangan protein, produksi air susunya akan berkurang. (red)

foto: fitpregnancy.com