Family Guide Indonesia

Makanan Pedas Bisa Bikin Keguguran?

Maternity - 15 Jan 2020

Ada sejumlah alasan mengapa ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan pedas. Namun, jenis makanan ini rupanya tidak bisa dihilangkan begitu saja dari menu sehari-hari kita. Karena makanan pedas umumnya disukai banyak orang. Ya, cita rasa pedas bisa menambah nafsu makan, dan kebanyakan ibu hamil menginginkan rasa pedas. 

Tapi, seberapa aman makanan pedas untuk ibu hamil? Apakah membahayakan janin yang sedang berkembang? 

Mitos keguguran

Banyak anggapan bahwa mengonsumsi makanan pedas di awal kehamilan bisa menyebabkan keguguran. Tidak ada bukti medis yang mendukung anggapan ini. Kebanyakan kasus keguguran terjadi karena disebabkan kelainan kromosom pada janin. Para ahli medis sepakat bahwa makanan pedas aman dikonsumsi selama kehamilan, asal dikonsumsi secukupnya. Makanan pedas tidak membahayakan bumil dan bayi dalam kandungan. Akan tetapi bisa membantu bayi menyerap kandungan zat yang ada pada makanan tersebut.dan memperkenalkan bayi pada variasi rasa. 

Efek samping makanan pedas

Meski aman dikonsumsi , namun pada ibu hamil yang rutin mengonsumsi makanan pedas akan mengalami rasa tidak nyaman dan kondisi berikut ini:

1. Morning sickness:

Morning sickness sangat umum terjadi di awal kehamilan. Kondisi ini menyebabkan mual, muntah, dan sakit perut akibat perubahan kadar hormon. Rasa tertentu bisa memicu kondisi ini, dan makan makanan pedas akan memperburuk morning sickness.

2. Mulas

Ibu hamil memiliki risiko lebih besar terkena sakit maag dan masalah pencernaan lainnya. Mengonsumsi makanan pedas saat hamil bisa memperparah sakit maag dan acid reflux, selama bulan-bulan terakhir kehamilan. Jika Anda mengonsumsi makanan pedas, sebaiknya minumsegelas penuh susu atau satu sendok makan madu untuk meminimalkan atau mencegah mulas. (red)

Foto:lifehack.org