Kiat Redakan Morning Sickness

Maternity - 17 Jun 2017

Rasa mual yang timbul di masa kehamilan (morning sickness), khususnya trimester pertama, umumnya tidak bisa dipisahkan dari ibu hamil. Sepanjang rasa mual itu bisa diatasi dengan tidak menggangu aktivitas, tentu bukan suatu masalah yang besar, tapi jika sudah sebaliknya, maka ibu hamil perlu melakukan langkah-langkah pencegahan. 

Berikut ini ada beberapa cara untuk meringankan morning sickness yang dilansir dari Goodtoknow agar ibu merasa lebih nyaman dalam menjalani kehamilan: 

1. Makanlah dalam jumlah kecil, namun sering. 

2. Minumlah cukup air mineral atau jus, dan hindari meminum minuman yang mudah membuat Anda merasa dehidrasi, seperti kopi atau alkohol.

 3. Jangan tunda rasa lapar. Kalau malam hari Anda merasa lapar, makanlah biskuit atau kue kecil untuk camilan. Ingat, ibu hamil tidak disarankan berdiet. Jadi selama hamil, Anda tidak perlu takut ngemil di malam hari jika lapar, sepanjang makanan yang dikonsumsi aman dan sehat. 

4. Cukup beristirahat akan membuat stamina tubuh Anda terjaga, dan otomatis akan menekan perasaan mual. Jadi, usahakan jangan memforsir diri Anda selama hamil. 

5. Konsumsilah suplemen vitamin B6 dan B12, karena baik untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. 

6. Udara segar akan membuat Anda merasa lebih baik, jadi disaat waktu luang atau akhir pekan, sebaiknya pergilah ke tempat-tempat yang berudara sejuk untuk membuat Anda lebih santai.

Sumber: DokterDigital

foto: cdn.womensunitedonline.com

*catatan : 

Informasi ini tidak dimaksudkan sebagai pengganti petunjuk medis profesional, perawatan darurat, atau pertlongan pertama formal. Jangan menggunakan informasi ini untuk mendiagnosa atau mengembangkan rencana pengobatan untuk masalah kesehatan atau suatu penyakit tanpa berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan yang profesional. Jika anda berada dalam situasi medis yang mengancam jiwa atau darurat,carilah bantuan medis segera.