Bahaya GAKY bagi Wanita Hamil dan Anak

Maternity - 08 May 2019

Yodium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan, khususnya bayi dan anak-anak. Orang dewasa pun membutuhkan yodium. Untuk mengetahui apakah Anda dan keluarga mendapat cukup yodium, mulailah dengan memeriksa asupan nutrisi Anda sekeluarga sehari-hari. Mengapa kita butuh yodium? Yodium merupakan nutrisi penting bagi manusia. Kelenjar tiroid membutuhkan asupan yodium untuk menghasilkan hormon yang mengontrol metabolisme dalam tubuh, pertumbuhan dan perkembangan. Jika anak-anak dan orang dewasa kekurangan yodium, mereka akan mengalami GAKY atau gangguan akibat kekurangan yodium. GAKY adalah sekumpulan gejala yang timbul karena tubuh seseorang kurang unsur yodium secara terus menerus dalam jangka waktu lama. Kondisi ini tidak bisa dipandang remeh, karena bisa menyebabkan gangguan pada kelenjar thyroid dan penyakit cacat bisu hingga tuli. 


Siapa yang berisko kekurangan yodium? Kelompok yang rawan kekurangan yodium adalah ibu hamil, bayi dan balita serta anak usia sekolah. Bahaya apa saja yang menanti penderita GAKY? 


1. Ibu  hamil

Jika ibu hamil kekurangan yodium, maka janin yang ada dalam kandungannya pun turut mengalami kekurangan yodium sehingga menyebabkan :

- Perkembangan otak dan saraf janin menjadi terhambat. Kondisi ini memang tidak terlalu nampak saat bayi dilahirkan, namun dalam perkembangannya anak akan mengalami hambatan berpikir, seperti kesulitan membaca, menulis, dan kemampuan motorik lainnya. Umumnya anak akan memiliki IQ yang rendah. Sebuah studi yang melibatkan 1000 keluarga di Inggris Barat Daya yang diterbitkan di The Lancet tahun 2013 menunjukkan bahwa ibu hamil yang kekurangan yodium berpotensi memiliki anak yang mengalami kesulitan belajar akibat IQ yang rendah. 

- Janin mengidap kretinisme endemis, yakni kelainan struktur pada otak yang menyebabkan keterbelakangan mental serta cacat mental seperti bisu-tuli, dan hambatan tumbuh kembang.