Atasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan dengan Mudah

Maternity - 01 Dec 2019

Kehamilan adalah perjalanan yang indah bagi ibu hamil, sejak awal hingga saatnya melahirkan. Perjalanan yang lebih pentingpun dimulai seiring Anda menjalankan tugas sebagai seorang ibu. Dari sekian banyak perubahan yang terjadi pada diri Anda pasca persalinan, ada beberapa perubahan yang tidak begitu menyenangkan. Salah satunya mengalami kerontokan rambut.

Menurut penelitian, kebanyakan wanita cenderung mengalami rambut rontok setelah melahirkan . Itu adalah fenomena yang umum dan membuat para ibu merasa khawatir dan tidak mengerti mengapa hal tersebut terjadi. Ditambah adanya tekanan dan waktu tidur yang kurang karena harus merawat Si Kecil, membuat kerontokan rambut semakin menjadi-jadi. Namun, jangan terlalu khawatir. Ada cara untuk mengatasi masalah kerontokan rambut, sebagai berikut: 

1. Gunakan shampoo yang terbuat dari bahan alami, dan tidak mengandung bahan kimia beracun. Shampo yang memiliki banyak bahan kimia dan racun berbahaya bisa menjadi kasar di kulit kepal dan justru mempercepat kerontokan rambut setelah hamil. Saat ini banyak dijual shampoo khusus untuk rambut rontok. 

2. Perbaiki pola makan. Menggunakan produk perawatan rambut yang berkualitas memang penting, namun menjaga pola makan juga sangat dibutuhkan. Untuk menghindari rambut rontok, konsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti sayuran berdaun hijau. Omega-3 juga sangat dianjurkan untuk perawatan rambut. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi Omega-3 dalam bentuk suplemen seperti minyak ikan, minyak biji rami, dan sebagainya, atau dengan mengonsumsi makanan laut.

3. Hindari menata rambut secara berlebihan. Penggunaan peralatan panas dan produk rambut berbahan kimia keras dapat mempengaruhi akar rambut dan menyebabkan kerontokan rambut.

4. Tidak menggunakan sisir yang bergigi rapat karena dapat meningkatkan kerontokan rambut. (red)

Foto: scientificamerican.com