7 Cara Mengobati Flu dan Pilek Ibu Hamil

Maternity - 15 Oct 2019

Menderita flu dan pilek selama hamil akan semakin berat karena tidak banyak obat-obatan yang bisa dikonsumsi bumil. Ya, ibu hamil tidak bisa sembarangan minum obat flu karena bisa berdampak pada janin. 

Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh Anda menjadi kurang efektif dalam memerangi infeksi, karena tubuh bekerja untuk memberi makan dan membesarkan janin. Namun masalahnya, ibu hamil tidak bisa mengonsumsi obat yang digunakan orang pada umumnya, karena banyak obat yang tidak aman untuk ibu hamil. 

Berikut adalah sejumlah pilihan aman dan pengobatan alternatif untuk membantu mengurangi gejala flu. Namun, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan pengobatan yang tepat. 


1. Nyeri

Untuk nyeri atau demam, satu-satunya obat penghilang nyeri yang dianggap aman oleh NHS (National Health Service) digunakan ibu hamil adalah parasetamol. Namun, itupun ibu hamil dianjurkan untuk mengambil dosis kecil dan pemakaiannya sesingkat mungkin. Jika Anda merasa tidak sehat, konsultasikan dulu pada dokter sebelum Anda mengonsumsi obat pereda nyeri.  


2. Menghirup uap

Untuk hidung tersumbat, coba inhalasi uap dengan beberapa tetes minyak kayu putih, yang membantu melembabkan dan membersihkan saluran hidung.


3. Nasal spray

Pilihan pengobatan lainnya jika hidung Anda masih tersumbat adalah dengan menggunakan nasal  spray untuk membersihkan lendir di dalam hidung. Nasal spray terbuat dari air garam, jadi aman untuk digunakan.


4. Obat batuk sederhana

Obat batuk yang mengandung gliserin biasanya aman dikonsumsi ibu hamil. Namun Anda harus tetap berkonsultasi dengan dokter/apoteker dan membaca label obat untuk memastikan kalau obat tersebut aman. 


5. Minuman campuran madu

Campuran air hangat dan madu bisa meredakan tenggorokan yang meradang, karena madu sama efektifnya dengan sirup gliserin. Atau bisa juga mengombinasikan madu dengan perasan lemon, madu dengan minyak kelapa atau madu dengan jahe segar.


6. Berkumur dengan air hangat

Ibu hamil bisa berkumur dengan air hangat  yang dicampur dengan garam untuk meringankan batuk dan radang tenggorokan.


7. Makan cukup dan istirahat

Cara terbaik mengatasi flu dan pilek adalah dengan makan yang cukup, minum banyak cairan dan beristirahat. (red)

Foto: newhealthadvisor.com