Membawa Teduh ke Dalam Rumah

Home - 07 Sep 2019

Harus diakui, matahari sangat kurang bersahabat akhir-akhir ini. Selain bersinar sangat terik di jalan, di rumah pun kita sering merasakan panasnya. Alhasil kipas angin dan Air Conditioner (AC) pun jadi pilihan utama. Bisakah menciptakan keteduhan di rumah? Bisa! 

Tidak ada yang salah memang dengan penggunaan kipas angin atau AC, kecuali untuk pengeluaran bulanan keluarga yang akan semakin membengkak. Selain lebih boros, terpapar alat penyejuk buatan secara terus-menerus bisa menyebabkan beberapa penyakit, di antaranya: hipotermia, alergi, dan masuk angin. Kalau sudah begitu, tentu akan lebih baik bila rumah kita bisa teduh secara alami, bukan? Yuk, simak caranya!

Cat Berpengaruh 

Pilih cat berwarna teduh seperti putih, krem, hijau muda atau biru muda. Hal ini dipercaya bisa mengurangi paparan sinar matahari hingga 40-50%. 

Pasang Kanopi 

Beberapa orang sudah memasang kanopi di teras mereka. Hal ini juga bisa mengurangi teriknya matahari secara langsung ke dalam rumah. 

Kerai di Teras

Kanopi masih kurang? Tenang, masih ada kerai. Kerai atau tirai bambu yang dipasang di teras bisa mengurangi masuknya sinar matahari hingga 70-80%. 

Taman di Rumah 

Untuk membuat taman di dalam rumah tidak perlu yang berukuran besar, taman mungil atau patio pun cukup. Jika memang tidak ada tempat lagi untuk membuat taman (baik di dalam atau luar rumah), kita bisa membuat vertical garden (memanfaatkan dinding sebagai media tanam) di teras atau di salah satu ruangan. Kehadiran tanaman akan membuat ruangan jadi lebih sejuk.  

Perhatikan Sirkulasi

Panas identik dengan udara yang pengap. Agar hawa di rumah mengalir dengan baik, sebaiknya langit-langit dibuat tinggi. Jika memang langit-langit rumah Anda telanjur rendah, pastikan banyak bukaan, baik jendela atau kisi-kisi di rumah, sehingga ada banyak udara yang masuk ke dalam rumah. 

Kaca Film di Jendela

Acap kali sinar matahari menembus jendela yang membuat udara di rumah jadi tambah panas. Tidak ada salahnya untuk memasang kaca film pada jendela. Selain bisa memfilter cahaya matahari, penggunaan kaca film juga bisa melindungi kaca dari benturan maupun kerusakan lainnya. (Red)