Yang Perlu Dihindari Saat Batuk

Health - 09 Mar 2019


Batuk dan pilek sering dianggap penyakit sepele. Namun saat putra/putri tercinta mengalami batuk-batuk hingga mata berair, apalagi disertai muntah, sebagai orangtua tentu tak tega. Agar batuk lekas reda, selain minum obat dari dokter, hindari dulu memberikan makanan dan minuman ini pada anak:

 

1. Makanan manis

Makanan manis seperti permen atau penganan yang mengandung banyak gula harus dihindari saat batuk. Menurut dr. Herbowo Soetomenggolo, Sp. A., dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara, gula merupakan tempat hidup dan pemberi makanan bagi kuman. Hasil studi yang diterbitkan International Journal of Pediatric Otorhinolaryngology juga menemukan hubungan antara tingkat konsumsi permen yang tinggi dengan risiko batuk akibat alergi (allergic rhinitis). Kandungan gula sederhana dalam permen mengganggu kerja sistem kekebalan tubuh. 


2. Minuman dingin

Suhu dingin atau sangat rendah menyebabkan rangsangan alergi dan iritasi. Alergi dan iritasi tadi menimbulkan batuk. Menurut riset yang dimuat di Journal of Paediatrics and Child Health, penyakit saluran pernapasan seperti radang tenggorokan juga bisa muncul karena adanya  penurunan daya tahan terhadap udara dingin.  


3. Gorengan

Gorengan bisa menyebabkan tenggorokan gatal yang merangsang batuk. Rasa gatal pada tenggorokan disebabkan oleh zat akrolein, yang muncul karena proses penggorengan yang sangat panas. Proses penggorengan macam ini ditandai dengan munculnya asap saat menggoreng. Sebagai gantinya, berikan anak makanan yang dipanggang atau rebus. (red)


foto: safebee.com