Tes Kesehatan untuk Wanita Usia 20 dan 30-an

Health - 16 Jun 2017

Melakukan tes kesehatan secara rutin dapat membantu Anda menghindari dan mengatasi masalah kesehatan. Berikut, bermacam tes kesehatan yang harus dilakukan setiap perempuan yang berusia 20 dan 30-an

Tes kesehatan yang dibutuhkan wanita usia 20-an

 1. Tes medis lengkap

Tes ini mencakup pemeriksaan darah lengkap Pemeriksaan Darah Lengkap (Complete Blood Count / CBC),  tes kolesterol, tes glukosa puasa (terutama jika Anda kelebihan berat badan) untuk memeriksa diabetes dan pra-diabetes. Tes medis lengkap  juga mencakup pemeriksaan  mata, telinga, kelenjar getah bening dan perut. 

2. Pap smear

Pap smear  dilakukan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kanker serviks atau ketidaknormalan pada rahim. Tes ini harus dilakukan mulai usia 20-an, atau segera setelah wanita aktif secara seksual. Selanjutnya, tes pap smear dilakukan setiap tiga tahun sekali hingga berusia 50 tahun.

3. Tes STD 

Orang dewasa yang aktif secara seksual direkomendasikan untuk melakukan tes penyakit seksual menular atau STD (sexually transmitted disease) untuk mengetahui apakah mengidap penyakit seperti klamidia, gonorea, hepatitis, dan HIV.

4. Pemeriksaan payudara

Menurut Cancer Research UK,  Anda seharusnya memeriksakan payudara setiap bulan bahkan setiap hari. Untuk tes ini,  Anda tidak harus ke dokter dan dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Lakukan dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara. Sejumlah gejala yang merupakan gejala kanker payudara antara lain benjolan keras pada payudara atau ketiak, keluar darah dari putting atau ruam di sekitar putting.

Tes kesehatan untuk wanita usia 30-an

Secara statistik, wanita usia 30-an tidak terkena serangan jantung dan stroke, namun ini saatnya untuk bersikap proaktif terhadap perilaku yang akan mempengaruhi kesehatan Anda. Lakukan: 

1. Tes kolesterol

Kolesterol bukanlah penyakit atau kondisi; Ini adalah faktor yang bisa menunjukkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Lakukan tes kolesterol agar Anda dapat mengontrolnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan membiasakan gaya hidup aktif. Ulangi tes kolesterol setiap lima tahun, atau bisa lebih sering jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung keluarga,  Anda merokok atau kelebihan berat badan atau obesitas.

2. Pemeriksaan kulit

Dilakukan untuk menghindari kanker kulit sedini mungkin. Jika memiliki keluarga dengan riwayat kanker kulit, sebaiknya lakukan pemeriksaan setiap enam bulan. Jika timbul tahi lalat baru yang semakin lama semakin membesar, segera periksa ke dokter untuk memastikan bahwa itu bukan melanoma (kanker kulit ganas).

3. Pemeriksaan tiroid

Termasuk pengecekan seperti blood screen untuk TSH (thyroid stimulating hormone), yang mendeteksi hipertiroid.  Tes tiroid juga dapat mendeteksi kondisi penyakit autoimun seperti Graves' disease. 

4. Tekanan darah

Wanita usia 30-an harus mewaspadai penyakit akibat tekanan darah, terutama jika keluarga memiliki factor risiko penyakit jantung atau stroke. Tekanan darah sistol/diastol yang harus Anda waspadai adalah diatas antara 120/139 atau dibawah antara 80/89. Menurut American Heart Association, hipertensi atau tekanan darah tinggi didefinisikan di angka 140/90. (YU)

Foto: femalegears.com