Takaran Tabir Surya Yang Tepat

Health - 01 Nov 2019

Paparan sinar matahari yang berlebihan bisa menimbulkan penuaan dini dan kanker kulit. Oleh sebab itu para dokter dan jaringan praktisi medis terbesar di Amerika Serikat, Mayo Clinic, mengingatkan kembali pentingnya pemakaian tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah.

Bagi orang dewasa, takaran pemakaian tabir surya yang benar adalah cukup 2 sendok makan, atau sekitar 2,8 gram, dioleskan ke seluruh bagian tubuh 15-30 menit sebelum keluar rumah. Pilih tabir surya yang mampu menangkal UVA dan UVB, dua jenis sinar yang bisa merusak kulit. Keterangan SPF pada kemasan tabir surya menunjukkan seberapa lama tabir surya tersebut bisa melindungi kulit menahan paparan sinar matahari sebelum kulit terbakar.

Misalnya tabir surya dengan SPF 15 artinya tabir surya tersebut bisa melindungi kulit 15 menit lebih lama dibanding kondisi biasa. Bagi Anda yang berkulit sensitif, pilihlah sunscreen yang hanya mengandung zinc oxide atau titanium oxide, karena hanya kedua bahan itulah yang cukup lembut bagi kondisi kulit Anda. (red)